Mohon tunggu...
Hans Binoni
Hans Binoni Mohon Tunggu... Seputar Kelautan dan Perkapalan

Mengulas informasi kejadian - kejadian kemaritiman di seluruh dunia

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

MV. Ever Given Terbebas dan Melanjutkan Perjalanannya

30 Maret 2021   12:18 Diperbarui: 30 Maret 2021   12:28 84 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
MV. Ever Given Terbebas dan Melanjutkan Perjalanannya
Inchape_SS

ISMAILIA, Mesir- MV.Ever Given kembali bergerak pada Senin malam di Terusan Suez Mesir setelah kapal tunda mengapung kembali kapal kontainer raksasa yang telah memblokir saluran tersebut selama hampir seminggu, menyebabkan penumpukan besar kapal di sekitarnya. jalur air. Setelah Ever Given sepanjang 400 meter (430 yard) dibongkar, 113 kapal diperkirakan akan transit di kanal di kedua arah pada Selasa pagi.

Menurut Otoritas setempat 422 kapal bisa dibersihkan dalam 3 -1/2 hari, akibat MV. Ever Given telah memblock secara diagonal di bagian selatan kanal, rute pengiriman terpendek antara Eropa dan Asia, akibat angin kencang pada awal 23 Maret. Evergreen Line, mengatakan kapal tersebut akan diperiksa kelayakannya di Danau Great Bitter, yang memisahkan dua bagian kanal. Kapal itu siap untuk navigasi terbatas setelah pemeriksaan awal dan tidak ada satupun peti kemas yang rusak, tapi penyelidikan kedua akan lebih tepat dan jika ada sesuatu yang terpengaruh akan terlihat.

Saat fajar pada hari Senin, petugas penyelamat dari SCA bekerja dengan tim dari perusahaan Belanda Smit Salvage sebagian mengapungkan kembali kapal dan meluruskannya di kanal. Setelah beberapa jam, kapal itu bergeser sebentar kembali melintasi kanal sebelum bermanuver bebas oleh kapal tunda saat air pasang. Tekanan waktu untuk menyelesaikan operasi ini belum pernah terjadi sebelumnya di kanal tersebut.

Perusahaan mengatakan sekitar 30.000 meter kubik pasir telah dikeruk untuk mengapung kembali kapal kontainer berbobot 224.000 ton itu dan total 11 kapal tunda dan dua kapal tunda laut yang kuat digunakan untuk menarik kapal itu bebas.L dan tidak ada laporan pencemaran atau kerusakan kargo.Kapal-kapal yang menunggu untuk transit di kanal termasuk puluhan kapal kontainer, kapal curah, kapal tanker minyak dan kapal gas alam cair (LNG) atau gas minyak cair (LPG), diperkirakan dalam empat hari lalu lintas akan kembali normal. Perkerjaan tersebut akan bekerja siang dan malam untuk mengakhiri backlog. Kapal yang ukurannya mirip dengan Ever Given, yang merupakan salah satu kapal kontainer terbesar di dunia, dapat melewati kanal dengan aman, dan SCA tidak akan mengubah kebijakannya untuk menerima kapal semacam itu.

Pemilik dan penyewa kapal yang tertunda menghabiskan setidaknya $ 24 juta dalam biaya yang tidak dapat mereka ganti karena polis asuransi mereka tidak menutupi mereka dan pemilik kargo juga dapat menghadapi kerugian yang tidak diasuransikan.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, yang tidak secara terbuka mengomentari penyumbatan tersebut, mengatakan Mesir telah mengakhiri krisis dan memastikan dimulainya kembali perdagangan melalui Suez kanal. Harga minyak turun 1 persen setelah kapal itu diapungkan kembali sementara saham Evergreen Marine Corp yang terdaftar di Taiwan naik. Sekitar 15% lalu lintas pelayaran dunia melewati Terusan Suez, yang merupakan sumber pendapatan mata uang asing penting bagi Mesir.

Diperkirakan penghentian itu menelan biaya $ 14-15 juta per hari. Tarif pengiriman untuk kapal tanker produk minyak hampir dua kali lipat setelah kapal terdampar, dan penyumbatan telah mengganggu rantai pasokan global, mengancam penundaan yang mahal bagi perusahaan yang sudah berurusan dengan pembatasan COVID-19. Maersk termasuk di antara pengirim yang mengubah rute kargo di sekitar Tanjung Harapan, menambahkan hingga dua minggu untuk perjalanan dan biaya bahan bakar. 

VIDEO PILIHAN