Mohon tunggu...
Hans Binoni
Hans Binoni Mohon Tunggu... Seputar Kelautan dan Perkapalan

Mengulas informasi kejadian - kejadian kemaritiman di seluruh dunia

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Cosco Kena Hack Lagi

9 Maret 2021   16:00 Diperbarui: 9 Maret 2021   16:32 94 1 0 Mohon Tunggu...

Cosco Shipping, jalur kontainer terbesar ketiga di dunia, sedang berusaha segera untuk memperbaiki masalah peretasan lain yang telah meretas banyak sistem email stafnya selama akhir pekan. Seorang peretas (Hacker) Brasil yang menggunakan nama L0RDBR meretas sistem email Cosco pada hari Sabtu. 

Sumber di pusat TI Cosco hari ini mengonfirmasi bahwa sistem email telah diserang dan masih diperbaiki. Tidak ada batas waktu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Semua garis kontainer teratas dunia telah diretas dalam beberapa tahun terakhir. 

Pada Juli 2018, staf Cosco di seluruh Amerika menggunakan alamat email Yahoo dan media sosial untuk tetap berhubungan dengan klien saat operator milik negara China itu berjuang keras untuk menjalankan operasi setelah serangan ransomware. 

Meskipun dilarang di China, situs seperti Facebook dan Twitter menjadi alat komunikasi klien yang penting bagi staf Amerika Cosco selama serangan itu. Serangan dunia maya 2018 diyakini telah dimulai di pusat layanan pelanggan di Long Beach dan menyebar ke seluruh jaringan Cosco di AS dan kemudian ke seluruh wilayah Amerika. 

Perusahaan pengiriman barang secara keseluruhan telah diperingatkan tentang meningkatnya ancaman serangan dunia maya dalam beberapa hari terakhir setelah peretasan program email Microsoft Outlook. Sementara Microsoft merilis tambalan minggu lalu untuk menopang kekurangan dalam perangkat lunak e-mailnya, perbaikannya masih membuka pintu belakang yang dapat memungkinkan akses ke server yang dikompromikan dan melanggengkan serangan lebih lanjut oleh orang lain.

VIDEO PILIHAN