Mohon tunggu...
Nofail Hanf
Nofail Hanf Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Nofail Hanf_20107030095. Selamat Membaca dan Semoga bermanfaat.

Pemerhati Politik dan Sosial. Jangan pernah bermimpi jika takut gagal.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Langkah-langkah Senar Gitar Akustik Terbaik dan Penjelasan Jenis-jenis Senar

3 Maret 2021   19:31 Diperbarui: 3 Maret 2021   19:41 104 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Langkah-langkah Senar Gitar Akustik Terbaik dan Penjelasan Jenis-jenis Senar
djarumcoklat.com

Senar merupakan bagian terpenting dari alat musik gitar. Sebagus apapun gitarnya, jika senar gitar tidak ada, gitar tidak dapat menghasilkan lantunan melodi tertentu. Senar memiliki peran yang sangat penting dalam permainan gitar.

Ada dua jenis senar yang selalu melengkapi dalam memainkan instrumen gitar, di antaranya adalah senar berbahan nilon dan senar berbahan baja. Keduanya saling berkaitan dalam menghasilkan suara, suara yang beraneka ragam dan keduanya memiki ciri khas masing-masing.

Antara kedua senar itu sendiri mereka sama-sama memiliki vibrasi tersendiri yang nantinya akan menghasilkan suara yang berbeda-beda. Biasanya semakin bagus senar, semakin bagus pula suara yang dihasilkan.

Tetapi, ada hal yang sedikit kurang tepat. Kualitas senar gitar yang bagus, biasanya hanya dapat digunakan oleh gitar-gitar kelas tertentu saja.

Sebagai contoh: Jika kalian memiliki gitar harganya dibawah Rp.200 rb-an, maka saya tidak anjurkan kalian memakain senar yang bagus dan mahal. Kerena, bisa jadi gitar yang kalian gunakan itu justru tidak support dan menjadi tidak nyaman ketika kalian mainkan.

Oleh karena itu, kalian mesti memahami hal-hal dasar serta fungsi dan jenis senar. Kalian juga harus dapat mengetahui ukuran senar gitar dan jenis-jenis senar. Serta karakter suara pada senar gitar seperti apa yang kalian inginkan. Mari kita bahas di bawah!

Ketahui Hal-Hal Dasar Tentang Senar Gitar

Hal yang paling utama harus diperhatikan adalah mengetahui kualitas senarnya, kalian harus jeli mengamati dan memilih bahan senar yang bagus. Karena asal kalian tahu, jika kalian membeli senar abal-abal atau tidak berkualitas, maka jangan heran kalau suara dan timbre yang dihasilkan gitar tidak sesuai dengan yang kalian harapkan.

Cara yang tidak ribet dalam mengamati senar gitar adalah cukup memperhatikan ukuran senar gitar, karena gitar juga memiliki ukuran-ukuran tertentu. Cara ini tergolong sangat dasar, namun cara ini dapat memberikan pengaruh pada suara yang dihasilkan.

Senar memiliki ukuran atau ketebalan berbeda-beda mulai dari, extra light,light,medium, sampai hard. biasanya senar dengan ukuran extra light digunakan oleh pemula atau anak-anak dan untuk level-level selanjutnya kalian pasti sudah tahu urutannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x