Mohon tunggu...
Noerainie
Noerainie Mohon Tunggu... Akuntan - Akuntan

-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Komunikasi Bisnis (Lobying Dalam Dunia Bisnis)

7 Desember 2022   11:29 Diperbarui: 7 Desember 2022   11:51 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LOBYING DALAM DUNIA BISNIS

Lobi adalah kegiatan sehari-hari yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Orang-orang melakukan proses komunikasi dengan orang lain, tetapi di sinilah lobi terjadi, kadang-kadang bahkan tanpa sepengetahuan kita. Menyelesaikan ketidaksepakatan, perselisihan, dan kepentingan memerlukan dialog dan konsultasi melalui lobi dan negosiasi, yang dapat memakan waktu dan terkadang memakan waktu. Lobi hari ini bukan lagi monopoli politik dan diplomasi, tetapi banyak pengusaha, selebritas, dan partai politik lainnya. Pada prinsipnya, lobi diimplementasikan sebagai pendekatan untuk pengembangan negosiasi.

Istilah lobbying atau kemudian menjadi “Lobi” dalam bahasa Indonesia sering dikaitkan dengan kegiatan politik dan bisnis. Perkembangan dewasa ini Lobimelobi tampaknya tidak terbatas pada kegiatan tersebut namun mulai dirasakan oleh manajer organisasi untuk menunjang kegiatan manajerialnya baik sebagai lembaga birokrat maupun lembaga usaha khususnya dalam pemberian pelayanan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, melobi ialah melakukan pendekatan secara tidak resmi, sedangkan pelobian adalah bentuk partisipasi politik yang mencakup usaha individu atau kelompok untuk menghubungi para pejabat pemerintah atau pimpinan politik dengan tujuan mempengaruhi keputusan atau masalah yang dapat menguntungkan sejumlah orang.

 Karakteristik Lobbying 

1. Proses ini mungkin berbeda atau tidak ada dalam konferensi atau dalam konsultasi.

2. Ini bisa menjadi bentuk komunikasi yang dimulai dengan presentasi atau surat.

3. Waktu dan tempat dan tempat mungkin dalam kondisi adil atau menguntungkan. Setelah dipilih dan digunakan, mereka dapat mendukung dan menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi orang untuk bersantai.

4. Majikan atau karyawan mana pun terlibat dalam lobi atau hal-hal terkait dan dapat diatur oleh pemerintah atau pemerintah daerah, hukum, bisnis, pekerja kantor, pemimpin masyarakat atau perusahaan multinasional atau pihak berkepentingan lainnya.

Secara teknis pada dasarnya ada 6 kemampuan dasar yang perlu dimiliki supaya sukses melakukan lobi, negosiasi dan dengar pendapat, antara lain : 

1. Kemampuan membaca teks dan konteks.

2. Dia bisa menulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun