Noval Kurniadi
Noval Kurniadi Full Time Blogger

Passion is the fashion for ur ACTION. Passion without action is NO MENTION! | Kontributor wikipedia | www.valandstories.com | Novalku@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

5 Fakta tentang "Detective Pikachu" yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

15 Mei 2019   22:06 Diperbarui: 16 Mei 2019   21:54 633 5 4
5 Fakta tentang "Detective Pikachu" yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Pikachu dalam film

Siapa sih yang enggak kenal dengan Pikachu? Wah, bagi anak 90an, pasti kenal dong. Kartun yang menampilkan makhluk lucu nan menggemaskan berwarna kuning itu dulu hadir di layar kaca setiap minggunya.

Saya adalah salah satu penggemar Pokemon. Dulu setiap kali Pokemon tayang, pasti deh saya pantengin TV untuk mengikuti keseruan ceritanya. Sebelum tayang di hari Minggu pagi, saya ingat betul bahwa Pokemon sempat tayang pada hari Sabtu di malam hari di SCTV (sekitar jam 7 malam). Selain senang menonton Pokemon, saya juga dulu mengoleksi ratusan tazos yang saya dapatkan dari hadiah chiki seribuan yang saya beli hampir setiap harinya.

Saya girang bukan main saat kakak ipar saya (suami dari kakak perempuan saya) membelikan saya VCD original Pokemon untuk saya dan sejak itu saya jadi mengenal Pokemon "Chubone". Saya sering menyetelnya dulu meskipun VCD yang saya tonton saat itu disulihsuarakan dalam Bahasa Inggris.

Saya juga girang saat kakak perempuan saya memberikan saya sticker-sticker berukuran kecil bergambar pikachu dan kawan-kawannya. Lalu saya tempel satu per satu sticker tersebut di kulkas hingga kulkasnya penuh dengan sticker.

Saya suka dengan Pokemon. Bahkan saking sukanya, saya yang saat itu duduk di kelas 5 SD lebih memilih untuk nonton Pokemon di TV ketimbang hadir di acara ulang tahun teman yang kebetulan waktunya dilakukan secara bersamaan. Ya daripada ketinggalan, mending nonton TV deh wkwk. Untung saat itu makanan dari acara ulang tahun dititipkan ke saudara saya sehingga saya tetap dapat menikmati bingkisan ulang tahun tanpa harus ketinggalan acara Pokemon.

Kartun Pokemon yang telah mengisi masa kecil saya (dok. The Pokemon Company)
Kartun Pokemon yang telah mengisi masa kecil saya (dok. The Pokemon Company)
Meskipun benda-benda tentang pokemon yang saya punya di masa anak-anak seperti tazos, VCD dan sticker sudah hilang, memori tersebut tetap membekas di benak saya. Saya berterima kasih kepada Satoshi Tajiri karena sebagai pengarang Pokemon, ia telah mewarnai masa kecil saya dengan indah.

Tak terasa, setelah belasan tahun berlalu, kini film versi live action dari Pokemon yakni "Pokemon: Detective Pikachu" hadir di bioskop. Menariknya, film yang disutradarai oleh Rob Letterman ini bahkan ditayangkan di Screen X CGV yang memungkinkan kita dapat menjelajah dunia Pokemon melalui layar 270 derajat. Nostalgia masa kanak-kanak pun dimulai.

Berbeda dengan versi anime aslinya, "Detective Pikachu" berkisah tentang Tim Goodman (Justice Smith), tinggal di kota Ryme yang ingin mencari tahu kebenaran dari keberadaan ayahnya yang dikabarkan telah meninggal dunia.

Petualangannya dimulai setelah Tim bertemu dengan Pikachu (Ryan Reynolds) di apartemen ayahnya dan mendapatkan fakta bahwa ia satu-satunya orang yang dapat berbicara dengan Pikachu. Dibantu oleh Lucy Stevens dan pokemon partnernya Psyduck, mereka kemudian mengalami petualangan yang menebarkan. 

Apa yang sebenarnya terjadi dengan ayahnya dan mengapa ia harus mencari tahu kebenarannya? Seperti apa pula petualangan yang dilalui oleh Tim Goodman dan Pikachu? Itulah premis yang akan diceritakan dalam film kolaborasi Amerika Serikat dan Jepang ini. 

Justice Smith berperan sebagai Tim Goodman di
Justice Smith berperan sebagai Tim Goodman di
Dalam rangka menyambut momen penayangan "Detective Conan" di Indonesia dan sebagai bukti kecintaan saya dengan Pokemon, untuk itulah artikel ini saya tulis. Kali ini saya tidak akan bercerita tentang sinopsis atau tanggapan tentang alurnya, melainkan berbagi 5 fakta tentang film "Detective Pikachu". Dijamin, kelima fakta ini kemungkinan besar kamu belum mengetahuinya.

1. Ada 60 jenis pokemon di film

(dok. slashfilm.com)
(dok. slashfilm.com)
Penasaran enggak sama berapa sih jumlah jenis pokemon yang ada di dalam film? Ternyata jawabannya ada 60 gaes! 

Hal itu diungkapkan oleh Greg Baxter, produser efek visual dari film "Detective Pikachu". 

"Ada ratusan Pokemon di Pokemon universe." Kata Baxter. "Dan di film ini kami diminta untuk membuat 60 (Pokemon), yang sejujurnya itu adalah tugas berat karena setiap Pokemon memiliki ciri khas masing-masing dan semua hal yang kita buat adalah untuk membuat sesuatu bergerak.

"Dan bagaimana kita bisa mencapai jumlah itu, sebenarnya terus mengalami perubahan. Ngomong-ngomong setiap kali kami mengambil adegan, kami berpikir "Wah, kayaknya bisa nih kita masukkan Octillery (salah satu Pokemon) di sana!", dan kemudian karena bukan sesuatu yang kami atur sebelumnya, maka kami pun berlomba untuk membangun karakter Octillery."

Baxter lalu menjelaskan bahwa 60 pokemon tersebut terbagi menjadi dua karakter, yakni karakter utama dan karakter latar. Nah, 10 di antaranya memiliki adegan-adegan yang lebih spesifik. 

Selain Pikachu, kita akan dibuat gemes dengan pokemon-pokemon lainnya di dalam film, antara lain adalah Psyduck, Mewtwo, Pidgey, Pidgeotto, Joltik, Snubbul, Aipom, Mr. Mime, Ditto, Charizard, Chubone, Greninja dan Torterra. Hadir pula pokemon yang kehadirannya sepintas seperti Arcanine, Audino, Blastoise, Bouffalant, Braviary, Bulbasaur, Charmander, Comfey, Dodrio, Doduo, Emolga, Flabebe, Flareon, Gengar, Golurk, Growlithe, Gyarados, Jiggylpuff, Krabby, Lickitung, Loudred, Ludicolo, Machamp, Machoke, Magikarp, Pangoro, Pidgeot, Purrloin, Rattata, Rufflet, Slaking, Snorlax, Spearrow, Squirtle, Treecko, Venusaur, Weavile dan Wurmple.

2. Enggak ada pokemon yang berpakaian

Machamp (dok. Detective Pikachu)
Machamp (dok. Detective Pikachu)
Dalam film, kita akan menemukan beberapa pokemon tampak seperti mengenakan pakaian. Hal itu terlihat pada Machamp dan Mr. Mime. Machamp mengenakan sabuk gulat dan speedo, celana dalam khusus renang sedangkan Mr. Mime tampak seperti memakai topi dan baju.

Fakta menariknya, ternyata sebenarnya enggak ada Pokemon yang memakai pakaian lho! Semua Pokemon hadir tanpa mengenakan pakaian sehelai pun sebagaimana binatang!

Kenapa? Soalnya ini terkait dengan aturan besar dari The Pokemon Company dari Jepang yang menyatakan bahwa pada dasarnya Pokomen tidak berpakaian. Eits, topi detektif yang dipakai oleh Pikachu itu pengecualian ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2