Mohon tunggu...
niti negoro57
niti negoro57 Mohon Tunggu... Wiraswasta - Guru Ndeso

Seneng ngulik sesuatu yang asing

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

P5: Membentuk Generasi Berkarakter dalam Lingkungan Sekolah

24 November 2023   13:33 Diperbarui: 24 November 2023   13:36 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber: id.pngtree.com)

Pendidikan memegang peranan sentral dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa. Sebagai landasan bangsa Indonesia, nilai-nilai Pancasila mempunyai peranan khusus dalam membimbing generasi muda ke arah yang benar. 

Namun mengingat globalisasi dan perubahan zaman saat ini, diperlukan adanya  proyek yang secara khusus ditujukan untuk memperkuat profil siswa dalam penerapan dan pemahaman Pancasila. 

Proyek ini menjadi tonggak penting dalam memastikan  warisan nilai-nilai kebangsaan tidak hanya dilestarikan, namun tumbuh di hati seluruh siswa. Pancasila bukan sekadar ideologi, tetapi juga  landasan moral yang mengajarkan tentang keadilan sosial, demokrasi, persatuan, dan kemanusiaan. 

Oleh karena itu, pelibatan para siswa dalam  proyek peningkatan visibilitas Pancasila merupakan langkah nyata dalam menjaga keseimbangan antara pembangunan global dan identitas lokal. 

Dalam tulisan kali ini saya akan mencoba untuk mengekplore mengenai Proyek Peningkatan Profil Pelajar Pancasila dalam lingkungan sekolahan.

Proyek : Langkah Konkret Menuju Karakter Baik 

Proyek Peningkatan Profil Pelajar Pancasila  tidak hanya berfokus pada pemahaman teoritis namun juga  implementasi  nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan siswa sehari-hari. Strategi implementasi yang diadopsi dalam proyek ini adalah :

1. Pendekatan Interaktif 

Pendekatan interaktif menjadi kunci utama dalam mengajarkan nilai-nilai Pancasila. Materi pembelajaran yang  menarik dan partisipatif membangkitkan rasa ingin tahu dan keterlibatan siswa. Dengan demikian pemahaman terhadap makna nilai-nilai Pancasila  menjadi bagian dari diri siswa, bukan sekadar informasi.

2. Kegiatan Lapangan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun