Mohon tunggu...
Nita Kris Noer
Nita Kris Noer Mohon Tunggu... belajar berbagi dan belajar memberi manfaat

-semua karena anugerah-Nya-

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

2 Menu Istimewa yang Wajib Ada di Lebaran 2021

17 Mei 2021   11:30 Diperbarui: 17 Mei 2021   11:59 140 31 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
2 Menu Istimewa yang Wajib Ada di Lebaran 2021
Salah satu menu wajib lebaran 2021 di keluarga kecil saya/Dok.pri

Solidaritas dan tradisi yang membawa saya dan keluarga ikut merayakan Hari Lebaran 2021.

Saya termasuk yang beruntung, selalu mendapat berkat lebaran dengan menikmati sajian-sajian menu khas yang dikirimkan oleh tetangga di sekitar lingkungan kami. Hal ini berlangsung sejak saya kecil hingga kini. Ibu saya termasuk seorang wanita yang sangat pandai memasak. Sajian opor, sambal goreng kentang, ketupat, sayur kacang tolo, kerupuk udang selalu menemani kami saat-saat lebaran tiba, walau bukan pemeluk muslim, kami menghayati betul tradisi-tradisi saudara-saudara di sekitar kami, termasuk tradisi kuliner yang kami rasakan melekat kuat di kehidupan kami.

Hal yang sangat biasa, jika dari tahun ke tahun dalam keluarga besar saya memasak hidangan-hidangan khas lebaran, semacam hidangan-hidangan di atas yang telah saya sebutkan. Menu itu kian semarak, manakala tetangga sekitar juga mengirimkan menu andalan mereka ke rumah kami. Tidak jarang menu opor berlimpah ruah dari beragam tangan pemasak di sekitar kami, semua lezat, semua nikmat.

Setelah kami semua menikah, lebaran masih menjadi sebuah tradisi lintas agama - budaya  yang kuat di tiap keluarga kecil kami. Tradisi mendapatkan makanan-makanan khas lebaran juga masih kami rasakan hingga saat ini. Saya dan keluarga di Salatiga sering mendapat kiriman Soto Betawi dari tetangga kami yang merayakan lebaran. 

Soto Betawi kiriman tetangga kami di lebaran 2021/Dok.pri
Soto Betawi kiriman tetangga kami di lebaran 2021/Dok.pri
Hidangan Soto Betawi buatan tetangga kami sungguh istimewa, serasa mengobati rindu saya pada hidangan yang satu ini. Dari tahun ke tahun saya mendapatkan hidangan lezat yang terbuat dari campuran daging sapi serta kaldunya ditambah bumbu rempah yang sangat kaya itu. Taburan emping dan semarak kentang goreng plus sambal serta pelengkapnya menambah cita rasa Soto Betawi yang tiap lebaran kami terima dari tetangga nan baik hati di sebelah rumah kami tersebut.

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Hidangan lebaran di rumah keluarga kecil saya pun berubah di sepanjang 2 tahun terakhir ini. Alih-alih membuat hidangan khas lebaran, justru ada menu wajib yang resepnya pernah saya tulis di K ini. Nasi Goreng Istimewa Keluarga ditambah jamu segar ala saya. Resep nasi gorengnya bisa disimak disini. Jamu resep adik ini menjadi sebuah password kami untuk masuk lebih dalam lagi dalam memahami  arti menjaga stamina, resepnya juga bisa disimak disini.

Minuman jamu ini merupakan minuman yang wajib ada setelah 'new normal' diberlakukan. Dua sajian menu itu merupakan hidangan yang wajib ada. Opor ayam, ketupat dan segala pernak-perniknya membuat kami sadar diri untuk tetap menjaga kesehatan kami. Nasi Goreng Istimewa ala saya itu menjadi penyeimbang makanan-makanan  sarat santan yang tentu akan membuat angka kolesterol kami naik jika tidak dikontrol.

Ilustrasi jamu/Sumber: Shutterstock (Odua Images) melalui Kompas.com
Ilustrasi jamu/Sumber: Shutterstock (Odua Images) melalui Kompas.com
Sebaliknya, jamu menjadi minuman wajib untuk menjaga stamina kami (walaupun jamu selalu kami konsumsi sebelum lebaran, bahkan sudah sekitar 2 tahun, kami mulai membiasakan meminumnya). Dua menu di atas sudah menjadi sajian istimewa keluarga kecil kami, yang pasti lezaaat dan sehat, deh.

Makna kebersamaan yang berbalut tradisi ini sangat kami nikmati. Saya juga rasanya ikut kehilangan jika bulan-bulan puasa telah berakhir. Malam takbir juga menjadi malam yang membuat saya ikut menikmatinya. Memang jadi semakin terasa setelah pandemi ini melingkupi kita semua, terasa agak sepi. Harapan besar bisa kita panjatkan melalui doa kepada Tuhan untuk memohon selalu perlindunganNya untuk kita semua dan Indonesia.

Ini ceritaku mengenai makanan lebaran 2021. Sehat selalu, saudara-saudaraku.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x