Mohon tunggu...
Yunita Kristanti Nur Indarsih
Yunita Kristanti Nur Indarsih Mohon Tunggu... Pendidik - ... n i t a ...

-semua karena anugerah-Nya-

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Pengalaman Mengubah NIB karena KBLI di DPMPTSP di Kota Salatiga

28 April 2021   14:31 Diperbarui: 28 April 2021   14:38 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi UMKM / Sumber ; Kompas.com (Idha Saraswati Wahyu Sejati)

KBLI adalah kepanjangan dari Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).

Pelaku usaha pasti sudah mengenal NIB. 

Apa itu NIB? NIB adalah Nomor Induk Berusaha. 

Nah, saat kita mengurus NIB pasti kita akan mengisi kategori usaha kita dengan mencocokkan KBLI-nya. Ada kisah unik saat saya mengurus NIB dan perubahan NIB di MPP Smart Kota Salatiga. MPP Smart adalah layanan terpadu yang diinisiasi DPMPTSP Kota Salatiga yang telah diresmikan Maret 2021 oleh Menpan - RB Tjahjo Kumolo dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.  Saya telah mengulasnya disini. 

Mari kita lanjutkan ke kisah unik yang telah saya singgung. Saat itu  saya merasa ada yang harus ditambahkan dalam jenis usaha yang saya miliki (sehari sebelumnya saya telah mengurus NIB usaha saya), maka saya mengurusnya dengan segera ke MPP Smart - DPMPTSP Kota Salatiga.

rekan-rekan yang melayani di helpdesk MPP Smart Kota Salatiga / Dok.Pri (Rio Pambudi)
rekan-rekan yang melayani di helpdesk MPP Smart Kota Salatiga / Dok.Pri (Rio Pambudi)
Sebelumnya saya dilayani dengan sangat baik oleh Mas Alfonsius Dimas di kantor ini, yang merupakan Helpdesk Oss. Setelah saya menunggu beberapa waktu akhirnya saya dilayani oleh seorang yang smart (cocok ya seperti judulnya MPP Smart hehe) dan sangat cekatan  bernama Mas Rio Pambudi. Saya diberikan informasi dan pemahaman lebih lagi terkait perubahan dan penambahan KBLI oleh beliau. 

Saya telah berkiprah di dunia pendidikan dan psikologi sejak tahun 2003, tetapi saya belum pernah mengurus secara pribadi aspek kelegalan yang terkait dengan lembaga yang sedang saya kerjakan ini. Hal itu merupakan sebuah momentum yang sangat baik yang saya rasakan. Saya bisa mendapat layanan ramah, smart, cepat, dan sekali lagi tanpa pungutan biaya apapun dari rekan-rekan di MPP Smart Kota Salatiga.

rekan-rekan MPP Smart/ Dok.Pri (Rio Pambudi)
rekan-rekan MPP Smart/ Dok.Pri (Rio Pambudi)
Layanan yang dilakukan Mas Dimas, Mas Rio-cs di MPP Smart sangat membantu warga yang membutuhkan pendampingan untuk mengembangkan usahanya. Tidak ada kejutekan, apalagi bentakan. Mereka sangat ramah terkait hal ini. Apalagi saat itu ada dalam bulan puasa. Mereka tak kehilangan keramahan dan kesigapan dalam melayani warga. Terima kasih untuk layanan MPP Smart Kota Salatiga.

Beberapa saat sebelumnya memang ada seorang seorang kawan mengirimkan informasi yang belum saya ketahui mengenai KBLI ini. Oleh karena kawan saya ini, maka saya bertemu dengan Mas Rio Pambudi untuk keperluan yang akhirnya dapat membantu perubahan NIB tersebut.

Sangat penting bagi pelaku-pelaku usaha untuk memiliki wawasan tentang KBLI ini karena akan sangat berguna untuk pendirian lembaga atau perusahaan yang akan kita dirikan. Kawan saya tadi memberikan penjelasan bahwa menambahkan KBLI harus jelas betul sehingga dalam akta pendirian lembaga, perusahaan tidak akan mengalami masalah di depannya nanti.

Di MPP Smart (bagian dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu) ini saya menerima edukasi yang kedua terkait KBLI. Setiap petugas yang mendampingi masyarakat seperti saya akan memberikan informasi dan pendampingan terkait KBLI ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun