Mobilitas penduduk khususnya di DKI Jakarta dapat dikatakan sangat tinggi. Seseorang dapat berpergian dari satu tempat ke beberapa tempat lain dalam waktu satu hari. Tak jarang, seseorang tidak memiliki waktu untuk sekedar membuat minuman di pagi hari seperti teh, kopi, dan lain – lain. Pilihan lain yaitu mereka dapat membawa botol minum ke tempat mereka kerja. Tetapi berdasarkan pengalaman pribadi dan orang terdekat, beberapa jenis minuman jika disajikan dalam botol minum akan  menjadi 2 zat terpisah sehingga harus diaduk kembali dan terlebih lagi untuk mengaduk ulang minuman diperlukan alat lain seperti sendok.
Kuikku yaitu self stirring and color changing mug/tumbler hadir untuk mengatasi permasalahan yang dialami masyarakat dengan mobilitas tinggi. Mug dan tumbler Kuikku menggunakan teknologi self stirring, dimana terdapat baling – baling pada dasar mug dan tumbler yang akan mengaduk minuman dalam mug dan tumbler. Pengguna dapat menekan tombol pada gagang mug atau tombol pada badan tumbler dan baling – baling tersebut akan berputar karena digerakan oleh dinamo dan baterai. Kuikku memiliki sebuah inovasi desain berupa penggunaan tinta thermochromic yang dapat berubah warna seiring dengan perubahan suhu air. Kuikku juga hadir sebagai dukungan kampanye go green agar masyarakat beralih untuk membawa botol minum dan mengurangi penggunaan botol plastik.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016, terdapat lebih dari 54 juta penduduk Indonesia yang memiliki pekerjaan dengan mobilitas tinggi dan hampir setengah dari pekerja tersebut merupakan pegawai atau buruh. Pegawai dan buruh sering mengkonsumsi teh maupun kopi dalam aktivitas sehari –hari. Teh atau kopi tersebut sangat cocok dikonsumsi dengan menggunakan self stirringand color changing mug/tumbler. Self stirring mug atau tumbler yang dikombinasikan dengan teknologi color changing juga belum terdapat di Indonesia. Sehingga, terdapat peluang bisnis yang cukup besar untuk mengembangkan bisnis ini di Indonesia.
Namun dalam mengembangkan bisnis Kuikku, terdapat permasalahan yang mungkin akan dihadapi yaitu dalam hal modal. Bisnis ini membutuhkan modal yang sangat besar karena pemesanan mug dan tumbler kepada supplier harus dalam jumlah yang besar.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk Kuikku, dibawah ini akan dijelaskan setiap aspek dari Business Model Canvas (BMC) Kuikku:
Customer Segment
Customer segment untuk Kuikku dibagi menjadi 2 (dua) yaitu berdasarkan umur dan pekerjaan.
1. Berdasarkan Umur
 Target utama : 18 – 40 tahun
 Target kedua : 6 – 15 tahun
2. Â Berdasarkan Profesi atau Pekerjaan
Target utama : mahasiswa dan pegawai kantor
Target kedua : murid taman kanak – kanak (TK) dan sekolah dasar (SD)
 Value Proporsitions
Kuikku memiliki 4 (empat) proporsi nilai atau value proporsitions, yaitu:
1. Â Varian Tumbler dengan Teknologi Self Stirring
   Seperti yang telah kita ketahui bahwa di pasar sudah terdapat self stirring mug, tetapi Kuikku memiliki 2 varian yaitu mug dan tumbler. Tumbler yang ditawarkan juga memiliki teknologi self stirring, sehingga orang dengan mobilitas tinggi dapat membawa Tumbler Kuikku kemanapun mereka pergi tanpa rasa takut minuman menjadi dingin dan tidak merata karena Tumbler Kuikku didesain agar dapat menjaga suhu minuman dan mengaduk minuman secara merata.
2. Â Desain yang Unik
   Kuikku menggunakan desain produk yang unik yaitu dengan motif yang  mengikuti tren serta menggunakan tinta thermochromic yang dapat merubah warna desain dari mug atau tumbler apabila terkena suhu panas.
3.  Kostumisasi Desain  Â
Pelanggan dapat mengkostumisasi desain dari mug atau tumbler seperti yang mereka inginkan.Â
4.   Berkualitas Baik  Â
Saya dan tim Kuikku akan secara berkala melakukan quality control terhadap produk agar produk Kuikku memiliki kualitas tinggi dan aman digunakan oleh pelanggan.
Channels
 Kuikku akan menggunakan media sosial berupa website dan instagram. Pada website Kuikku, pelanggan dapat melakukan order dan mengkostumisasi mug sesuai dengan keingingan mereka. Pada website dan instagram kami juga akan menampilkan testimoni dari beberapa pelanggan yang telah menggunakan produk Kuikku, sehingga calon pelanggan percaya bahwa produk Kuikku memiliki kualitas yang baik.
Customer Relationships
Untuk membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan, Kuikku akan mengirimkan newsletter mengenai produk terbaru maupun informasi mengenai seasonal discount kepada pelanggan yang melakukan pembelian via website. Pelanggan yang melakukan pembelian via website juga akan kami berikan track order atau informasi mengenai perkembangan pesanan mereka, sehingga terdapat kepercayaan pelanggan kepada Kuikku atas transparansi pesanan.
Revenue Streams
Arus pendapatan utama Kuikku berasal dari hasil penjualan produk Kuikku yaitu self stirring and color changingdengan varian mug dan tumbler. Harga akan berkisar antara Rp 100.000 – 120.000/mug dan Rp 200.000 – 250.000/tumbler.
Key Activities
Aktivitas penting dalam bisnis Kuikku yaitu sebagai berikut:
1. Â Quality Control
   Kami akan secara berkala melakukan quality control terhadap produk Kuikku yang dibuat oleh produsen agar produk Kuikku memiliki tingkat konsistensi kualitas yang baik dan aman untuk digunakan oleh para pelanggan.
2. Â Business Development
   Pengembangan bisnis atau business development yang akan dilakukan adalah dengan melakukan inovasi – inovasi produk baru yang dapat mengatasi masalah yang dialami oleh masyarakat. Sebelum melakukan inovasi produk, tim akan melakukan survei terhadap pasar mengenai permasalahan yang sering dialami dan minat  pasar terhadap produk baru Kuikku.
3. Â Marketing and Communication
   Aktivitas pemasaran yang akan dilakukan oleh tim Kuikku adalah melakukan promosi di media sosial berupa instagram dan memberikan gift atau endorse produk Kuikku kepada public figure yang dikenal baik oleh masyarakat dan diharapkan dari aktivitas tersebut dapat menimbulkan peningkatan pesanan terhadap produk.
Key Resources
Terdapat 3 (tiga) sumber daya utama yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis Kuikku:
1. Â Kuikku Team
   Tim Kuikku merupakan sumber daya paling utama dalam bisnis ini karena tim memiliki kewajiban untuk melakukan ketiga aktivitas penting dalam bisnis yang telah disebutkan dan dijelaskan pada poin sebelumnya yaitu quality control, business development, dan marketing and communication.
2. Â Produsen
   Produsen merupakan sumber daya utama kedua bagi bisnis Kuikku karena mereka adalah pihak yang berperan dalam proses produksi self stirring and color changingmug dan tumbler. Untuk pemilihan bahan mug dan tumbler tersebut akan dilakukan oleh tim agar produk memiliki standar dan kualitas yang baik. Setelah proses produksi selesai, tim akan melakukan quality control secara berkala terhadap produk kuikku yang siap di pasarkan.
3. Â Website Developer
   Kuikku akan menggunakan website sebagai sarana penjualan online atau via internet, maka dari itu seorang website developer akan sangat dibutuhkan dalam bisnis ini agar website memiliki penampilan yang menarik, mudah digunakan (user friendly), dan pelanggan memiliki pengalaman yang baik ketika berkunjung ke website Kuikku.
Key Partners
Terdapat beberapa mitra bisnis dari Kuikku yaitu sebagai berikut:
1. Â Muggom
   Muggom merupakan mitra bisnis yang berperan sebagai pihak yang menjalankan proses produksi atas produk Kuikku. Dalam menjalankan kerjasama ini, tim akan membuat MoU yang memuat ketentuan – ketentuan dan perjanjian kerjasama dengan Muggom, sehingga kerjasama akan menjadi lebih terpercaya dan aman.                                  Â
2. Â Delivery Courier
   Untuk pembelian secara online atau via internet melalui website atau instagram Kuikku, produk yang pelanggan beli akan dikirimkan dengan menggunakan delivery courier
3.  Supermarket, Souvenir Stores, and Book Stores           Â
   Produk Kuikku akan dijual di beberapa supermarket, toko souvenir, dan toko buku. Karena segmen pasar utama Kuikku adalah mahasiswa dan pegawai kantoran, supermarket yang cocok untuk dijadikan mitra bisnis adalah supermarket yang berada di pusat perbelanjaan dekat kawasan perkantoran. Lalu untuk toko souvenir dan toko buku, saya memilih toko buku yang tidak hanya menjual buku dan alat tulis, tetapi mereka juga mempunyai bagian toko yang menjual barang – barang unik.
  Â
Cost Structure
Biaya – biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan bisnis ini yaitu berasal dari (1) Biaya produksi untuk pembuatan self stirring and color changingmug dan tumbler, (2) Biaya pemasaran produk, seperti flyer dan endorse, (3) Biaya atas pembuatan, pengembangan, dan pemeliharaaan website Kuikku.