Mohon tunggu...
Niswatun Nadia
Niswatun Nadia Mohon Tunggu... Stay positive like a proton

Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Dia, Pembentuk Diriku

24 November 2020   07:25 Diperbarui: 24 November 2020   07:28 59 10 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dia, Pembentuk Diriku
 sumber dok.cermati.com

"Ibuku adalah pembentuk diriku. Dia selalu benar dan yakin padaku, aku merasa aku menemukan alasan untuk hidup." Begitulah kata kata yang dilontarkan oleh seorang tokoh dunia bernama Thomas Alva Edison. 

Pernahkah kita bertanya pada orang siapa itu ibu?  Tentu tidak. Kenapa tidak? Jelas karena sebelum kita bertanya pada orang lain kita sudah menemukan jawabannya pada diri kita sendiri. 

Ibu. Dia adalah orang yang melahirkan kita dan sudah pasti dia adalah orang yang pertama kali kita kenal sejak lahir ke dunia. Ibu, sekolah pertamaku. 

Ya, ibu bisa disebut sebagai sekolah pertamaku. Ibu sudah mengajarkanku apa dan bagaimana dunia. Bahkan, saat aku masih dalam kandungan ia sudah berusaha berbicara padaku. Dia memperkenalkan ku kata kata yang ada di dunia agar ketika aku terlahir kedunia aku tidak kebingungan dengan suara suara yang ada disekitarku. 

Seperti yang dikatakan  Thomas Alva Edison, ibu adalah pembentuk diriku. Kita memang tidak bisa mengingat apa yang sudah dilakukan ibu pada diri kita ketika masih bayi. Namun, setelah kita tumbuh dewasa kita mengamati sekeliling kita bagaimana seorang ibu memperlakukan anaknya. Bagaimana seorang ibu mengajari anaknya agar bisa berjalan, makan sendiri, bahkan sebelum kita memasuki dunia sekolah ibu sudah mengajarkan kepada kita bagaimana cara menulis, berhitung, bahkan bernyanyi.

Ibu mengajarkan kita banyak hal dengan sabar. Apakah kita tahu apa alasan ia melakukan semua itu? Ya, hal itu dilakukan seorang ibu agar anaknya tidak kesulitan saat memasuki dunia sekolah.

Ibu mengajarkan bagaimana kejamnya dunia luar saat ini. Dia membimbing dan berusaha menyekolahkan kita setinggi tingginya agar kita bisa membawa diri dan menjadi orang berpendidikan. 

Ketika kita sudah beranjak dewasa, ibu akan menjelaskan kepada kita bagaimana untuk mencari pasangan hidup yang benar, ia selalu menasehati kita agar menjadi orang yang mengikuti perkembangan zaman tetapi jangan sampai terjerumus kedalam hal hal negatif. 

Lalu pertanyaannya, bagaimana ibu bisa dikatakan sebagai pembentuk diri? Seperti yang sudah dijelaskan, ibu berusaha keras untuk selalu memberikan nasehat nasehat bagaimana cara kita untuk menjaga diri. Secara tidak  langsung hal tersebut telah membentuk karakter pada diri kita. 

Karakter merupakan sikap yang dimiliki setiap orang didalam dirinya masing masing. Karakter tidak tumbuh begitu saja saat kita terlahir kedunia. Karakter dapat terbentuk melalui orang orang terdekat, yaitu ibu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x