Mohon tunggu...
Nisrina Syafa
Nisrina Syafa Mohon Tunggu... Teknisi - Manusia

Ao:v

Selanjutnya

Tutup

Digital

Aplikasi Alternatif selain Whatsapp, Kini Telegram dan Signal Menjadi Pilihan

20 Januari 2021   21:41 Diperbarui: 20 Januari 2021   21:51 78 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aplikasi Alternatif selain Whatsapp, Kini Telegram dan Signal Menjadi Pilihan
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Akhir-akhir ini masyarakat tengah dikejutkan oleh berita terkait kebijakan whatsapp. Pasalnya, whatsapp dikabarkan akan berbagi data informasi dari dan kepada facebook. Terkait hal ini, WhatsApp pun angkat bicara. WhatsApp membantah membagikan kontak ke Facebook. ""WhatsApp juga tidak dapat melihat pesan pribadi atau mendengar telepon Anda. Begitu juga Facebook," tulis WhatsApp. Dalam mengeluarkan kebijakan tersebut pihak whatsapp mengatakan bahwa data dan informasi tersebut berguna untuk membantu mengoperasikan, menyediakan, meningkatkan, memahami, menyesuaikan, mendukung, dan memasarkan jasa whatsapp dan beragam penawaran lainnya. Keluarnya kebijakan ini tidak terlepas dari platform whatsapp yang diakuisi facebook sejak 2014 silam, pun begitu juga dengan instagram.

            Menurut Pakar Keamanan Siber, Ruby Alamsyah menilai Kebijakan privasi terbaru yang dilakukan oleh aplikasi pesan Whatsapp merupakan kebijakan lanjutan dari 2016, dimana pesan yang menggunakan aplikasi end to end encription tetap aman. Hanya saja ada sejumlah perubahan di aturan baru ini yaitu data umum milik pengguna yang bersifat umum bisa di share ke Facebook, yang nantinya bisa dipakai sebagai sumber big data untuk diolah guna menghasilkan produk dan service/layanan baru. Dari uraian pakar keamanan siber tersebut bisa dilihat bahwa kelebihannya yaitu layanan yang diberikan oleh pihak whatsapp akan lebih baik lagi. Sedangkan kekurangannya yaitu tingkat keamanan facebook yang tidak sebaik whatsapp, meskipun whatsapp sudah menggunakan fitur enskripsi end-to-end sehingga tidak ada pihak ketiga yang dapat melihat pesan pribadi pengggunanya, tetapi hal ini bisa saja terjadi.

Pengeluaran kebijakan ini membuat para pengguna whatsapp mulai berpikir untuk mencari alternatif lain selain whatsapp. Aplikasi alternatif ini diantaranya Telegram dan signal. Kelebihan aplikasi telegram adalah ukuran aplikasi yang ringan, kecepatan pengiriman yang cepat, menggunakan system end-to-end, file yang dikirim bisa sampai 1,5 GB, adanya fitur channel dan bot, dapat membuat grup sampai dengan 30 ribu orang, aplikasi yang aman serta merupakan salah satu aplikasi yang gratis. Sedangkan kekurangannya yaitu tidak adanya fitur video call dan story. Selain telegram, signal juga merupakan salah satu alternatif selain telegram. Signal memiliki kelebihan menggunakan fitur end to end tetapi segi keamanan Signal dirasa lebih baik karena didesain menggunakan Sealed Sender untuk melindungi pengirim pesan. Selain itu, Signal telah memblokir tangkapan layar dan aplikasi, memiliki fitur panggilan, mengirim media, hingga melakukan video call seperti whatsapp. Stelah melihat kelebihan dan kekurangan dari setiap masing-masing aplikasi, sekarang anda sudah bisa menentukan apakah akan tetap menggunakan aplikasi whatsapp ataukah bergeser ke aplikasi lain seperti telegram maupun signal? Pilihan ada di tangan anda.

Referensi: [1] [2] [3] [4] [5]

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN