Mohon tunggu...
Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Mohon Tunggu... Dosen - Profesional

Improve the reality, Lower the expectation, Bogor - Jakarta - Tangerang Twitter dan IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Trio Pahlawan Kereta Ini Mendukung Perjalanan Aman dan Nyaman

21 Agustus 2023   15:35 Diperbarui: 21 Agustus 2023   15:43 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ada banyak pahlawan perkeretaapian yang membuat aman dan nyaman perjalanan (Ilustrasi 1: Dokpri)

Kereta Api Indonesia (KAI) dan Kereta Commuter Line (KCL) kini termasuk primadona angkutan umum. Sejak Bapak saya pindah kerja dari Kalimantan Timur dan tinggal di Tangerang di akhir tahun 1988, saya dan keluarga rutin naik kereta saat bepergian untuk urusan pekerjaan di seputar Jabodetabek, tak terkecuali saat mudik ke Jawa.

Jadi, keluarga kami mengalami langsung transformasi positif kualitas kereta di Indonesia selama hampir 35 tahun ini. Ibarat nilai mutu, dari dulunya KAI bernilai D hingga kini telah bernilai A (semoga kelak bernilai A+, Aamiin), tentunya harus kita apresiasi, sepakat ya?

Wajarlah sekarang penumpang KAI semakin bertambah setiap tahunnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, jumlah penumpang kereta api Indonesia tercatat sebanyak 277,12 juta orang sepanjang 2022 lalu atau meningkat sebesar 85,04% dibandingkan pada tahun 2021 yang sebanyak 149,76 juta orang.

Mencetak tiket kereta kini dapat dilakukan secara mandiri secara digital oleh para penumpang (Ilustrasi 2: Dokpri)
Mencetak tiket kereta kini dapat dilakukan secara mandiri secara digital oleh para penumpang (Ilustrasi 2: Dokpri)

Di bawah pimpinan Bapak Ignasius Jonan selaku Direktur KAI pada tahun 2009-2014, penumpang KAI dapat merasakan keamanan dan kenyamanan berkereta yang merupakan hasil kerja tim dari jajaran direksi hingga staf di lapangan. Bagi saya, semuanya adalah pahlawan perkeretaapian, khususnya ketiga petugas berikut.

Tanpa mengecilkan peran petugas KAI lainnya yang jelas tak kalah pentingnya, pemilihan ketiganya sebagai pahlawan KAI versi saya ini murni karena pengalaman pribadi yang begitu terbantu dengan hadirnya mereka. 

Semoga kehadiran dan peran mereka dapat  diapresiasi dalam bentuk insentif materi maupun promosi jabatan sehingga semakin memotivasi kinerja yang berkualitas prima.

1. Petugas Keamanan

Sekitar akhir Desember 2022, saat hendak keluar dari Stasiun Tanah Abang pada suatu sore selepas Ashar, saya melihat seorang ibu dan nenek mendorong seorang anak perempuan yang berusia kira-kira kelas 3-4 SD di kursi rodanya saat ketiganya hendak pergi dengan Commuter Line. 

Anak tersebut memakai infus di lengannya sehingga pasti ibu dan neneknya akan kesulitan saat harus mendorongnya naik tangga berjalan (escalator) di sore itu.

Petugas keamanan di KAI dan KCL akan dengan sigap dan siap menolong setiap penumpang (Ilustrasi 3: Kompas.id)
Petugas keamanan di KAI dan KCL akan dengan sigap dan siap menolong setiap penumpang (Ilustrasi 3: Kompas.id)

Bak salju terkena sinar matahari, hati saya pun meleleh saat melihat ada dua bapak petugas keamanan di Stasiun Tanah Abang yang langsung sigap menolong ketiga orang perempuan tersebut tanpa diminta. Satu petugas membopong sang anak perempuan, sementara sang ibunya erat memegangi infus.

Petugas keamanan satunya pun menenteng kursi roda yang telah dilipat agar mudah dibawa menaiki eskalator sambil menggandeng sang nenek.

Petugas keamanan kereta tak segan membantu ibu hamil yang mendadak akan melahirkan (Ilustrasi 4: Berita Trans.com) 
Petugas keamanan kereta tak segan membantu ibu hamil yang mendadak akan melahirkan (Ilustrasi 4: Berita Trans.com) 


Peristiwa itu membuat saya semakin percaya dengan ungkapan bahwa "sosok pahlawan itu tak melulu hanya ada saat peperangan, namun juga banyak kita temui di kehidupan keseharian."
 
Kedua bapak petugas keamanan di Stasiun Tanah Abang tersebut tentunya layak disebut sebagai pahlawan perkeretaapian bersama seluruh petugas keamanan KAI lainnya. 

Kehadiran mereka dengan kinerja yang responsif tentu saja dapat memberikan keamanan bagi para penumpang KAI khususnya dan warga masyarakat umumnya.

2. Petugas Kebersihan

Tanpa hadirnya petugas kebersihan ini, kebayang kan gimana joroknya suatu toilet umum? Syukurlah, KAI kini memiliki kamar mandi yang kinclong, baik di stasiun maupun di dalam kereta antar propinsi.

Saat perjalanan dari Jakarta ke Tegal, saya mendapati petugas kebersihan yang rutin menyapu lorong gerbong dan mengambil sampah dari penumpang setiap satu jam sekali, mantap banget!

Petugas kebersihan membuat gerbong kereta nyaman (Ilustrasi 5: Dokpri)
Petugas kebersihan membuat gerbong kereta nyaman (Ilustrasi 5: Dokpri)


Menurut situs resmi KAI yaitu www.kai.id, petugas On Train Cleaning (OTC) bertugas menjaga kebersihan kereta selama dalam perjalanan.

Bagi penumpang KAI antar propinsi, gerbong dan kamar mandi yang bersih serta terawat jelas sangat membuat nyaman selama perjalanan yang harus ditempuh berjam-jam. Terlebih untuk keluarga yang naik KAI bersama bayi dan balita, adanya toilet yang layak pakai tentu sangat menenangkan.

Menunggu di stasiun yang bersih tentu lebih menenangkan (Ilustrasi 6: Official Twitter KAI Services @rmu_id)
Menunggu di stasiun yang bersih tentu lebih menenangkan (Ilustrasi 6: Official Twitter KAI Services @rmu_id)

Di stasiun pun, saya menjumpai petugas kebersihan yang siap bertugas (stand by) di kamar mandi sesuai jenis kelamin. Jadi lega kan karena mbak petugas kebersihan yang berjaga di toilet wanita dan mas cleaning service di toilet pria.

 
Petugas Pengumuman

Nah, baik untuk penumpang rutin maupun penumpang musiman KAI, peran petugas pengumuman ini sama pentingnya. Ini berlaku tak hanya di stasiun, namun juga di dalam gerbong selama perjalanan.

Kadang kita merasa tak enak dan sungkan  saat harus bertanya ke sesama penumpang KAI di sebelah kita. Bisa jadi, mereka juga sama bingungnya seperti kita hahaha...

Petugas pengumuman di stasiun dan gerbong kereta itu sama pentingnya lho perannya! (Ilustrasi 7: Tempo.co)
Petugas pengumuman di stasiun dan gerbong kereta itu sama pentingnya lho perannya! (Ilustrasi 7: Tempo.co)

Suara petugas pengumuman ini juga (lumayan) dapat membuat penumpang terbangun sehingga sadar lokasinya saat ini. Kalau sampai kelewatan kan, repot deh!

Saya perhatikan, para turis asing yang menaiki KAI juga sangat terbantu dengan pengumuman in English. Kenangan indah selama naik KAI di Indonesia sangat berpeluang besar untuk membuat para turis mancanegara tersebut untuk kembali berwisata di sini lho!


Semoga ke depannya, para petugas KAI dapat terus menjadi pahlawan bagi para penumpangnya seperti selama ini. Sebagai pengguna KAI, kita pun harus senantiasa menghargai kerja keras para pahlawan KAI tersebut, bahkan mulai dari status kepegawaian terbawah. 

Ingatlah selalu, hadirnya sekrup-sekrup sekecil apapun pada suatu mesin, termasuk mesin kereta, membuat mesin berjalan lancar. Salam perkeretaapian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun