Mohon tunggu...
Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Mohon Tunggu... Blogger & Lecturer

Improve the reality, Lower the expectation, Bogor - Jakarta - Tangerang Twitter & IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Sembilan Strategi Melindungi Kesehatan Diri dari Covid-19

16 Maret 2020   14:59 Diperbarui: 17 Maret 2020   10:07 143 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sembilan Strategi Melindungi Kesehatan Diri dari Covid-19
Sumber: ECDC/WHO

Akhir tahun 2019, dunia dikejutkan dengan hadirnya virus corona.  Virus yang berasal dari kota Wuhan di Cina itu kini resmi diberi nama “Covid-19” oleh WHO sejak Rabu, 12 Februari 2020.  Penderita Covid-19 telah didapati negara lain, termasuk negara tetangga yaitu Singapura.

Di Indonesia, per Senin 16 Maret 2020 pada pukul 05.00 WIB, kasus Covid-19 telah menembus 117 kasus.  Menurut dr. Achmad Yurianto selaku juru bicara resmi pemerintah terkait Covid-19, dari 117 kasus tersebut, 5 pasien meninggal dunia dan 8 pasien dinyatakan telah sembuh. 

Hingga saat ini, belum ada vaksin yang mampu mencegah Virus Corona.  Pemerintah Indonesia beserta seluruh masyarakat harus selalu waspada. Infeksi utamanya terjadi via kontak dekat dengan penderita.

Sumber: BBC
Sumber: BBC
Padahal, kesehatan termasuk aset terpenting dalam hidup seseorang.  Saat sakit, otomatis produktifitas hidup pun menurun.  Sejak merebaknya Covid-19, para penderitanya dikarantina agar tak menularkan ke orang sehat.  Tak ayal, banyak aktifitas ekonomi di Cina jelas terganggu.

WHO telah mengingatkan bahwa Covid-19 dapat mengakibatkan ketidakstabilan sosial-ekonomi.  Berawal dari kasus kesehatan lokal, namun berdampak hingga krisis global. Maka itulah, warga Indonesia harus mengantisipasi Covid-19 dengan beberapa cara seperti berikut.

1. Waspada dan berjaga-jaga

Sedia payung sebelum hujan.”  Pepatah tersebut adalah strategi tepat seseorang dalam perlindungan kesehatan diri dan keluarganya, tak terkecuali dari Covid-19. 

Menurut Data BPS dan Profil Kesehatan 2017, kenaikan biaya kesehatan 4-5x lebih tinggi dari kenaikan inflasi harga.

Untuk biaya pengobatan penyakit yang sudah ada obatnya pun, seseorang jelas harus merogoh koceknya lebih dalam. 

Lalu, seberapa besarkah nominal biaya berobat untuk penyakit yang belum ada vaksinnya seperti Covid-19?  Nah, apakah asuransi mau menanggungnya?

Syukurlah, asuransi Sun Medical Platinum dari Sun Life Indonesia bisa mengcover penyakit akibat Covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x