Mohon tunggu...
Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Mohon Tunggu... Dosen - Profesional

Improve the reality, Lower the expectation, Bogor - Jakarta - Tangerang Twitter dan IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Target Realistis agar Ramadan Semakin Manis

16 Mei 2018   12:34 Diperbarui: 16 Mei 2018   12:59 811
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mari jaga lisan dari perkataan yang menyakitkan selama Ramadan (http://mushollarapi.blogspot.co.id)

Sesuai keputusan resmi pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama, tanggal 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018.  Jadi, nanti malam sholat tarawih pertama akan dilaksanakan serentak di seluruh masjid di Indonesia, InsyaAllah.

Selain persiapan lahir batin, tentu saja ada target yang telah saya susun untuk Ramadan tahun ini.  Belajar dari pengalaman Ramadan sebelumnya, target ibadah itu tak (perlu) muluk-muluk.  Kunci tercapainya target Ramadan adalah sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.

Menjalani target Ramadan itu mirip menyelesaikan lari marathon.  Kalau di awal sudah (terlalu) ambisius, biasanya di pertengahan atau akhir Ramadan, semangat seseorang itu mulai luntur.  Tak jarang, bahkan target terhenti begitu saja di tengah jalan.  Sayang banget kan?

Maka itulah, Ramadan kali ini saya (mencoba) untuk lebih membumi dalam merencanakan target ibadah.  Saya pun lebih memilih untuk mencapai target Ramadan yang sedikit namun fokus dan konsisten setiap harinya daripada banyak tetapi malah keteteran sendiri nantinya.

Agar Ramadan tak berlalu begitu saja tanpa peningkatan iman dan takwa, maka berikut ini 3 (tiga) target (realistis) saya untuk 29 hingga 30 hari ke depan.  Semoga ketiganya berhasil saya raih selama bulan suci ini berlangsung.  Lega rasanya saat target Ramadan bisa terpenuhi, setuju?

Al-Qur'an pertama kali diturunkan pada tanggal 17 Ramadan yang disebut sebagai
Al-Qur'an pertama kali diturunkan pada tanggal 17 Ramadan yang disebut sebagai
Mengkhatamkan membaca Al-Qur'an sebanyak 2x selama Ramadan

Seingat saya, saya pernah khatam (tamat) membaca Al-Qur'an hingga 3x ketika Ramadan saat masih berstatus mahasiswa.  Itu berarti setiap 10 hari, saya mampu khatam Al-Qur'an sehingga selama 30 hari, total 3x seluruh isi Al-Quran bisa saya tamatkan bacaannya.

Setelah bekerja, khatam Al-Qur'an sekali dalam Ramadan saja sudah syukur Alhamdhulillah.  Kesibukan bekerja membuat saya tak leluasa (lama-lama) membaca Al-Qur'an seperti saat kuliah.  Padahal pahala membaca Al-Qur'an saat Ramadan itu dilipatgandakan.

Itu karena Al-Qur'an pertama kali diturunkan oleh Allah swt kepada Rasulullah saw saat Ramadan (Nuzulul Qur'an).  Pastinya bisa lebih dari sekali khatam Al-Qur'an ketika Ramadan itu sangat dianjurkan.  Selain membaca ayatnya, tentu umat muslim harus memahami isi Al-Qur'an.

Untuk mencapai target 2x khatam, maka setiap selesai sholat 5 waktu, saya harus menyempatkan diri untuk membaca satu halaman Al-Qur'an.  Lalu, ketika sholat sunnah seperti tarawih, tahajud (Qiyamul Lail), dan Dhuha, saya mampu membaca 2 -- 3 halaman Al-Qur'an.

Pahala sholat sunnah menjadi berlipat ganda di bulan Ramadan (http://www.mutiarapublic.com)
Pahala sholat sunnah menjadi berlipat ganda di bulan Ramadan (http://www.mutiarapublic.com)
Melaksanakan sejumlah sholat sunnah sebanyak 4 - 8 raka'at setiap hari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun