Mohon tunggu...
Nira Alpitra
Nira Alpitra Mohon Tunggu... Orang bisa kenapa kita tidak. Belajar untuk maju, walaupun itu sangat sulit dan banyak tantangannya.

Biarkan mereka yang tak menganggap kita tetapi kita tetap maju dan terus berjalan.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Strategi Pemasaran Buku

12 Juli 2020   18:03 Diperbarui: 12 Juli 2020   17:55 5 4 0 Mohon Tunggu...

Strategi pemasaran buku 

Dampak penjualan buku selama covid-19:

  • Jaringan toko buku pada tutup selama covid-19
  • Orang berat aku datang ke toko buku atau mall-mall
  • Penurunan omset toko buku 70% hingga 80%
  • Banyak penerbit yang memberhentikan distribusi ke toko buku
  • Beberapa penerbit gulung tikar atau bangkrut

Karena adanya pandemic ini orang yang datang ke toko buku non formal  maupun formal berkurang.  Bahwa selama masa pandemi ini grafik pengunjung di gramedia mengalami penurunan yang sangat tajam sekali. Pertengahan februari sudah mulai turun drastis. Dan mengalami naik sedikit tetapi april awal sudah mengalami penurunan lagi sampai terus tutup. Penurunan  ini mulai merangkak naik lagi itu hingga  pertengahan juni.  Tapi turun lagi,  naik di awal juli ini sudah mulai mengalami kenaikan. Namun, untuk berkunjung ke toko buku gramedia, yang dibuka khusus dengan disesuaikan dengan protokol covid 19.

Pentingnya transformasi digital dampak dari pandemi covid 19 telah mengubah dunia menuju era laut ekonomi hal ini ditandai dengan

  • Interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau laut
  • Keharusan menyesuaikan sehatan dan keselamatan perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor sektor industri terutama sektor industri perbukuan
  • Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal mulai dari tempat bekerja
  • Cara belajar mengajar
  • Kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial

Strateginya yang utama yang kita pakai adalah digital marketing dengan melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku. Strategi yang dilakukan penerbit yaitu pentingnya bagaimana kita transformasi digital sebagai dampak dari pandemi covid 19 ? Yang mana covid-19 telah mengubah dunia menuju era ekonomi. Di mana era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim, sentuhan fisik atau kelompok harus sama ngecek kesehatan dan keselamatan perilaku yang terbaru harus bergeser ke sektor sektor industri, terutama sektor industri perbukuan.

Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, cara belajar mengajar sebagai seorang guru maupun dosen, berubah kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Mengalami perubahan yang begitu pesat dan kesal dalam menghadapi pandemi corona, maka strategi pemasaran buku yang paling utama adalah digital marketing dalam melakukan transportasi mendasar pada bisnis penerbitan buku digital marketing dengan menggunakan:

  • App development,
  • Web design,
  • Video production,
  • Email marketing
  • Content marketing
  • Social media/ bli.bli.com.

Manfaat digital marketing bagi langkah pemasaran buku adalah:

  • Biaya lebih relatif terjangkau atau murah
  • Daya jangkauan sangat luas
  • Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai kategori
  • Komunikasi dengan konsumen lebih mudah
  • Mudah mengevaluasi dan dikembangkan lebih cepat populer
  • Sangat membantu meningkatkan penjualan

Kenapa kita harus memakai marketing? Marketing sangat efektif dalam  pemasaran buku.

Cotoh digital marketing yang digunakan penerbit unutk pemasaran buku:

  • Bukalapak
  • Shopee bli-bli.com
  • Belanja.com 
  • Facebook
  • Instagram dan sebagainya

  • Selain pemasaran lewat digital marketing,  kami juga mengadakan promo-promo khusus dengan adanya pandemic ini. Dengan memberikan penawaran khusus seperti, memberikan diskon  yang lebih pada konsumen. Diskon ini berguna untuk menarik konsumen dan untuk meningkatkan penjualan, supaya dengan adanya promo khusus ini konsumen akan lebih tertarik dan juga sering mengadakan event-event semacam mengadakan webinar lewat. Webinar bisa diadakan  lewat channel youtube livestreaming, zoom, dan juga lewat grup wa.

Selain itu, pemasaran buku juga harus cepat dalam pengirimannya setelah ada transaksi. Kalau ada pembeli yang komplain harus cepat, memberikan suatu solusi yang bisa menangkap situasi dengan menumbuhkan empati, dan cepat dalam merespon setiap ada yang ingin  membeli buku.

Dalam pemasaran buku yang sangat besar, peluangnya adalah mobil marketing. Mobile masih semakin besar peluangnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x