Mohon tunggu...
Ninki Muhammad Gunawan
Ninki Muhammad Gunawan Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar/Mahasiswa di salah satu perguruan tinggi

Hobi saya adalah berolahraga seperti Lari,Voli,Sepak Bola.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Kuliah di Sekolah Kedinasan

6 Januari 2024   23:02 Diperbarui: 6 Januari 2024   23:07 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

       Tepat Hari ini pada 05 Januari 2024 saya menulis artikel ini. Disini saya akan membagikan pengalaman saya saat duduk dibangku sekolah dan kuliah. Perbedaan antara saat sekolah dan kuliah sangat jauh. Yang saya rasakan lebih padat jawal pada saat kuliah. Karena saya berkuliah di salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan. Hal-hal berbeda dapat saya rassakan. contohnya pada saat bangun pagi saya harus tepat waktu yaitu jam 04.00 WIB. Dan setelah itu menuju ke masjid untuk sholat subuh. Bilamana terlambat akan ada hukuman dari pelatih/pembina. Hukumannya pun disesuaikan. Ada yang masuk kolam, ada yg hanya disuruh push up saja tapi dengan jumlah yg banyak bervariasi dari Push Up biasa, Push Up mengepal, Push Up melebar, dan Push Up diamond. Jadi sangat disiplin sekali. Berbeda pada saat saya duduk di bangku SMK, bilamana saya sholat subuh saya sering terlmbat.

      Dan setelah sholat subuh saya langsung menuju lapangan untuk Senam Pagi dan Lari Pagi. dan itu setiap hari saya lakukan di tempat kuliah saya. berbeda dengan saat saya duduk di bangku SMK, saya setelah sholat subuh biasanya tidur sebentar sebelum ke sekolah. Setelah senam pagi saya menuju ke asrama untuk melaksanakan pembersihan yaitu mandi dan menyiapkan Seragam Kuliah PDH atau Pakaian Dinas Harian. Jadi PDH itu ada brevetnya dan harus dibrasso sebelum dipasang di baju.

       Setelah Pembersihan, saya menuju ke ruang makan untuk sarapan pagi. dan harus tepat waktu, bilamana tidak akan dihukum oleh pelatih maupun senior. Lagi- lagi tepat waktu. setelah sarapan pagi langsung menuju ke lapangan untuk melaksanakan Apel Pagi tepat jam 07.00 WIB. Dan biasanya akan ada pengecekan pin dan brevet yg dipasang di baju PDH. Bilamana tidak dibrasso atau ada yg kurang satu saja pin maka akan ada tindakan disiplin lagi biasanya Push UP.

      setelah pelaksanaan apel pagi saya langsung menuju ke kelas untuk melaksanakan perkuliahan sampe jam 15.00 WIB. Dan pada saat jam 12.00 WIB saya langsung baris perkelas menuju masjid untuk melaksanakan sholat dzuhur berjamaah. Setelah selesai sholat dzuhur saya langsung menuju barisan perkelas untuk persiapan makan siang di ruang makan. Setelah makan siang langsung baris perkelas menuju kelas untuk melanjutkan perkuliaha. Pada saat jam 15.00 WIB langsung baris lagi perkelas untuk menuju masjid untuk melaksanakan sholat ashar berjamaah. Dan setelah sholat ashar baris perkelas lagi menuju asrama untuk mengganti pakaian PDH menjadi PDO atau Pakaian Dinas Olahraga. Setelah selesai mengganti pakaian baris lagi perpeleton dan menuju lapangan untuk melaksanakan olahraga sore. Biasanya diawali dengan senam sore atau pemanasan dan dilanjutkan kegiatan lari sore. Setelah kegiatan lari sore selesai biasanya dilanjutkan kegiatan olahraga mandiri. Biasanya saya ikut bermain Voli sesuai dengan hobi saya. Setelah kegiatan lari sore selesai saya langsung melaksanakan pembersihan yaitu mandi. Dan setelah pembersihan baris lagi perpeleton dan menuju ke masjid untuk melaksanakan sholat Maghrib pada pukul 18.05 WIB. Setelah sholat maghrib dilanjutkan makan malam dan setelah makan malam dilanjutkan Sholat Isya' berjamaah dimasjid pada pukul 19.00 WIB. 

       Setelah sholat isya' biasanya saya menuju kekelas Bersama dengan rekan-rekan yang lain untuk melaksanakan kegiatan belajar mandiri. Dan pada pukul 20.30 saya persiapan baris perkelas untuk menuju ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan Apel Malam. Pada saat kegiatan apel malam, Taruna tidak boleh mengantuk ataupun tidur dibarisan. Bilamana mengantuk maka nametagnya akan diambil oleh pejabat polisi taruna dan akan mendapat hukuman disiplin untuk penebusan nametag. Biasanya disuruh Push Up.

       Setelah kegiatan Apel Malam langsung menuju kekelas untuk mengambil Laptop dan menuju ke asrama untuk istirahat malam pada pukul 22.00 WIB. Setelah pukul 22.00 WIB seorang taruna tidak boleh melakukan kegiatan diluar asrama apapun itu. Saya biasanya tidur dijam 00.00 WIB karena harus mencuci Pakaian yg saya pakai, dan harus brasso karena ada brevet di pakaian PDH saya, dan juga harus menyemir Sepatu. Dan saya harus bangun jam 04.00 WIB untuk persiapan sholat subuh berjamaah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun