Mohon tunggu...
Ningrum Ahmadi
Ningrum Ahmadi Mohon Tunggu... Pribadi

Penyuka Travelling

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Karena 4 Pilar Kebangsaan Menjaga Ibu Pertiwi

2 Desember 2019   10:52 Diperbarui: 2 Desember 2019   11:03 140 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karena 4 Pilar Kebangsaan Menjaga Ibu Pertiwi
dictio.id

Bisa dikatakan saat ini keutuhan bangsa Kita sedikit terusik oleh "tangan-tangan" jahil tidak bertanggung jawab perusak NKRI.

Lalu apa yang musti kita perbuat? Salah satunya dengan kembali membumikan empat pilar kebangsaan. Sebab apa, itu merupakan warisan sekaligus kesepakatan bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan bangsa.

Empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Itu harus tetap harus dan ada dalam sanubari rakyat Indonesia.

Apalagi di zaman yang serba modren saat ini, ancaman perpecahan sangat mudah terjadi. Sehingga 4 pilar kebangsaan harus dibumikan kembali.

Kita bisa contoh kemajemukan toleransi yang ada di Kota Kudus Jawa Tengah. Dimana warga disana saling menghargai satu dengan yang lainnya, seperti warga Kudus tidak memakan daging sapi untuk menghormati umat Hindu yang menjadikan hewan sapi sakral.

Dan perlu digaris bawahi untuk kembali membumikan 4 pilar kabangsaan tidak cukup hanya dengan sosialisasi saja, malainkan butuh langkah nyata.

Seperti dengan memasukannya dalam kurikulum pendidikan, seperti pelajaran Pancasila, Budi Pekerti, dan P4 yang sudah tidak ada.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x