Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Guru Harus Memiliki Kemampuan Stand Up Comedy

25 November 2021   22:02 Diperbarui: 3 Desember 2021   10:06 1949
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi guru memiliki kemampuan public speaking. Sumber: Kemendikbud via Kompas.com

Peringatan Hari Guru Nasional jatuh pada hari ini, Kamis, 25 November 2021, memberikan makna bagi para guru. Tema peringatan hari guru tahun ini "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan."

Tema tersebut diambil karena sekarang ini dunia pendidikan sedang diterpa ujian. Masa pandemi covid-19 telah memporakporandakan dunia pendidikan.

Pembelajaran tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh ini menuai berbagai masalah yang berujung pada pelayanan kepada para peserta didik kurang maksimal. 

Berbagai kendala muncul, antara lain: masalah jaringan yang kurang bagus, ketersediaan gawai para peserta didik, dan pengadaan kuota yang kurang memadai.

Pembelajaran tatap muka terbatas memang sudah diberlakukan di beberapa daerah. Namun pembelajaran tatap muka itu belum dilakukan secara kontinue. Kerap pembelajaran tatap muka terbatas harus dihentikan karena beberapa alasan.

Hal ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi para guru. Ketika motivasi belajar anak mulai beranjak naik. Kebijakan tatap muka terbatas harus dihentikan. Betapa sulitnya menumbuhkan kembali motivasi belajar tersebut.

Kondisi ini membuat guru harus memiliki kompetensi yang lebih banyak. Kemampuan merancang program blended learning yang menarik, menguasai pembelajaran berbasis teknologi digital sampai kemampuan memotivasi belajar peserta didik.

Kemampuan Stand Up Comedy dalam Pembelajaran

Salah satu cara yang dimilikioleh guru adalah menumbuhkan motivasi belajar anak. Salah satu caranya adalah dengan menguasai keterampilan stand up comedy. Stand up comedy  adalah lawakan tunggal atau komedi tunggal, seni komedi ini adalah salah satu genre profesi melawak yang pelawaknya membawakan lawakannya diatas panggung seorang diri, dengan cara bermonolog mengenai sesuatu topik.

belajar yang menyenangkan. Sumber:suara.com
belajar yang menyenangkan. Sumber:suara.com

Keterampilan yang kerap digunakan oleh para komedian ini dapat digunakan oleh guru sebagai upaya menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Kemampuan ini akan memotivasi siswa untuk belajar tanpa merasa terpaksa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun