Mohon tunggu...
Beyond News
Beyond News Mohon Tunggu... Konsultan - Blog

Sharing technology news and updates

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Produsen Otomotif Hemat Biaya Dukungan Tahunan dan Menggunakannya untuk Ekspansi Pabrik

19 April 2020   21:20 Diperbarui: 19 April 2020   21:32 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Proton adalah produsen mobil nasional Malaysia dengan peringkat penjualan mobil terbesar kedua di negara tersebut.

Tantangan Proton

Proton adalah perusahaan otomotif nasional pertama Malaysia yang didirikan lebih dari 35 tahun yang lalu. Model terbarunya, yaitu Proton Saga dan X70, berkontribusi terhadap 50% pertumbuhan penjualan sampai kuartal keempat 2019 dan peningkatan pangsa pasar. Namun, dihadapkan dengan kondisi ekonomi yang sulit di negaranya, Proton menantang semua departemen untuk menekan biaya, dengan harapan dapat mengurangi biaya operasional keseluruhan hingga 30%. Bagi departemen TI, ini berarti mencari cara untuk menekan biaya profesional dari penyedia teknologi.

Produsen mobil ini mengutamakan penggunaan SAP yang diintegrasikan dengan Siebel, sistem spesialis lain, untuk berbagai kegiatan operasional, mulai dari produksi dan distribusi penjualan hingga layanan purnajual.

“Awalnya, kami ingin menghemat biaya profesional dengan mengelola proyek secara internal. Namun sumber daya kami sangat terbatas dengan banyaknya proyek yang berjalan sekaligus,” kata Marhalisa Matari, Manajer Senior untuk Manajemen Aplikasi TI  di Grup Teknologi Informasi untuk Proton.

Karena rencana pertama ini tidak berhasil memberi Proton hasil yang diharapkan, maka perusahaan memutuskan untuk mencari vendor pihak ketiga yang dapat membantu mereka setelah secara kebetulan menghadiri acara Rimini Street di Kuala Lumpur. Setelah melalui proses tender kompetitif yang juga melibatkan SAP, Rimini Street terpilih sebagai vendor dukungan pihak ketiga untuk SAP ERP Proton berkat pengetahuan dan keahlian yang ditunjukkannya.

“Keputusan untuk beralih ke Rimini Street sebagai vendor pihak ketiga dibuat setelah mendengar masukan dari tim TI, manajemen, dan pengguna sistem ERP,” Marhalisa menjelaskan.

Solusi Rimini Street

Proton menggunakan layanan Rimini Street untuk SDMM, FICO, pemeliharaan pabrik, IS Auto, APO, perencanaan produksi, solusi SDM, dan solusi gaji. Tim TI terutama menghargai kehadiran Primary Support Engineer (PSE) khusus yang memahami riwayat dukungan dan latar belakang perusahaan. Selain itu, cakupan integrasi Rimini Street dengan aplikasi lain mengurangi downtime perusahaan ketika timbul masalah.

Selain menghemat biaya, Proton merasa setiap surel permintaan dukungan mereka dijawab dengan cepat, hangat, dan dengan tingkat perhatian yang sama, jika dibandingkan dengan layanan dukungan yang diterima dari penyedia teknologi.

Selain itu, tim dukungan dengan cepat memahami proses bisnis Proton selama proses transfer pengetahuan. Marhalisa juga terkesan dengan sikap proaktif tim saat sedang membiasakan diri dengan sistem dan lingkungan Proton. Semua ini membuat Marhalisa tenang karena yakin tim Rimini Street menangani permasalahan perusahaan dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun