Mohon tunggu...
Nikmat Jujur
Nikmat Jujur Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Hanya Selingan

Anak jalanan tak pernah ngecap Pendidikan.... masih belajar nulis.... sekalipun banyak Cercaan mungkinnya ... tapi aku pingin nulis selalu.... tanpa ragu.... Putera Timur Nusantara

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

4114 Desa/Kampung di Papua Belum Menikmati Fasilitas Kelistrikan

26 Agustus 2016   14:41 Diperbarui: 26 Agustus 2016   15:03 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Menikmati kebutuhan listrik mungkin bagi sebahagian besar warga di tanah air sudah bukan menjadi barang langka dan sulit diperoleh mungkinnya. Tapi fakta memperlihatkan bahwa hampir 80% (delapan puluh persen) saudara kita di ujung timur sana masih dalam kondisi bermimpi, yang entah kapan mereka dapat menikmati hal yang seperti kita rasakan yakni menikmati penerangan listrik 24 jam penuh.

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Papua, Bangun Manurung  mengakui bahwa ada sebanyak 4114 desa/kampung  (75,92%) dari total 5.419 desa/kampung, dengan demikian hanya sekitar 1.305 desa/kampung yang sudah terlistrikfikasi selebihnya belum. Menurutnya “melihat kondisi tersebut dikwatirkan puluhan tahun akan datang, desa/kampung di Papua belum bisa menikmati listrik secara menyeluruh,ungkapnya kepada wartawan di Sasana Krida Kantor Gubernur, Kamis (24/8/16).

“Provinsi Papua seharusnya memiliki kebijakan khusus di bidang penganggaran yang sejalan dengan kebutuhan daerah disektor lainnya bukan pelistrikan seperti jalan,jembatan, perhubungan dan bandara misalnya; Sebab jika tidak maka sangatlah dikhawatirkan puluhan  tahun ke depan banyak desa/kampung di Papua tetap saja belum bisa menikmati penerangan listrik pada 75,92% desa/kampung di Papua” ungkap Manurun.

Manurun pun mengatakan dengan demikian artinya “Pemerintah pusat seharusnya punya kebijakan khusus mengalokasikan anggaran besar untuk pembangunan sektor kelistrikan seperti halnya anggaran untuk sektor  pendidikan dan kesehatan yang dinilai cukup besar”. Selanjutnya menurut Manurun pembangunan sektor kelistrikan di Papua adalah cukup repot, sebab tidak bisa disamakan dengan di pulau Jawa, mengingat kondisi di Jawa lebih ekonomis jika dibandingkan dengan di Papua. 

Hal tersebut di akibatkan kondisi geografis wilayah Papua begitu sulit untuk dijangkau atau dengan kata lain secara hubungan transportasi baik darat maupun laut serta udara adalah sulit bahakan belum ada. Hal tersebutlah yang menurut Manurun membuat pihak PLN sendiri saja tidak berani, apalagi swasta lebih tidak berani lagi, secara khusus untuk wilayah pedesaan/perkampungan. Menurutnya kebijakan khusus seperti tersebutlah yang seharusnya lebih  menjadi perhatian serius pemerintah Provinsi Papua maupun Pusat untuk ke depan lebih arif mencermati Kendala dimaksud.

Sumber : di sini


Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun