Mohon tunggu...
Gayahidup

Pilihan Jenius, Lebaran pun Tenang

19 Juli 2017   15:46 Diperbarui: 20 Juli 2017   14:34 217 0 0 Mohon Tunggu...

Lebaran yang penuh suka cita baru saja berlalu. Tentunya tak lengkap menyambut Lebaran tanpa aktivitas belanja, baik itu mendatangi pusat-pusat pertokoan yang sedang gencar memberi potongan harga atau mengunjungi situs-situs belanja daring yang banyak memberi kemudahan dan pilihan berbelanja. Bagi penggila belanja, situasi tersebut sungguh sayang untuk dilewatkan. 

Kapan lagi ada diskon, mumpung beli satu gratis satu, memanfaatkan voucher belanja yang akhirnya malah merembet membeli barang yang tidak diperlukan, atau agar gaya hidup dan tampilan kita selalu kekinian, adalah sederet pembenaran yang dipakai sebagai alasan aktivitas belanja yang sudah berlebihan itu. Tanpa terasa aktivitas mengasyikan itu mengguras isi kantong. Sungguh, akal sehat sudah berada di titik nadir saat kita tak berdaya dan takluk di bawah gempuran sale yang sangat seksi itu. 

Sehabis Lebaran adalah momen yang tepat untuk mereformasi kondisi keuangan kita karena Lebaran yang datang setiap tahun telah membuat sebagian dari kita kedodoran mengatur keuangan di masa itu. Sekarang, coba cek isi dompetmu, masihkah ada cukup rupiah di sana? Bagaimana dengan sisa THR, gaji ke-13, sudahkah untuk menambah portofolio investasi kita? Atau, jangan-jangan lampu sudah merah alias kantong bolong? Menyesal boleh saja asal kita segera berinstropeksi agar keuangan tidak lagi berdarah-darah saat Lebaran mendatang. Belajar dari kesalahan adalah pilihan yang cerdas. Agar terhindar dari kesalahan serupa saat Lebaran, yuk kita segera membuat Prioritas Hidup melalui Pengelolaan Keuangan yang tepat supaya kita meraih kesehatan finansial yang prima.      

Dalam mengelola keuangan, kita harus menentukan prioritas atas segala kebutuhan hidup berdasar pada penting atau tidak pentingnya suatu kebutuhan. Hal ini bukan berarti kita harus membuat anggaran keuangan rumah tangga yang rumit seperti anggaran keuangan negara, lo. Dengan membuat anggaran keuangan yang simpel dan mudah dipahami akan sangat membantu kita mewujudkan tujuan keuangan jangka pendek yang sangat menantang, yaitu menghadapi momen Lebaran tanpa satu rupiah pun yang terbuang percuma. Dalam membuat Financial Planning, kita tidak akan menjadi kikir atau pelit karena terpaku pada prioritas, justru kita akan menjadi insan yang cerdas dan bijak dalam mengelola setiap sen dari hasil jerih payah selama ini. Istilahnya kita menjadi smart, memiliki Pilihan Jenius agar menghargai sekaligus mensyukuri perolehan rezeki yang kita dapat.

Di sinilah kreativitas kita menentukan Prioritas Hidup dan Pengelolaan Keuangan diuji.  Kita bisa mulai membuat Financial Planning dengan menulis catatan tentang pos-pos pengeluaran rutin dan pemasukan rutin di kala Lebaran. Setelah itu, tentukan prioritas, terutama untuk pos pengeluaran rutin yang jumlahnya berderet itu. Dahulukan pengeluaran yang bersifat wajib seperti zakat fitrah dan zakat mal. Kemudian baru untuk pengeluaran yang lain, seperti biaya mudik, bingkisan untuk kerabat, hidangan Lebaran, dan kalau masih ada sisa anggaran bolehlah kita alokasikan untuk membeli baju baru atau liburan keluarga. 

Untuk dana Lebaran tersebut, kita bisa menyisihkan sekian persen dari penghasilan setiap bulan secara rutin. Dan, jika Anda jeli, Anda bisa menambah tabungan Lebaran dengan mencari penghasilan tambahan, seperti berjualan online, memberi les bahasa Inggris, ataupun menyewakan kendaraan yang kita miliki. Jangan lupa pos pemasukan dari uang THR, janganlah dianggap sebagai rezeki nomplok yang sah dihabiskan begitu saja, alangkah baiknya jika dipakai untuk hal yang bermanfaat. Kita juga tetap perlu menambah portofolio investasi agar tujuan keuangan jangka panjang yaitu hari depan yang sejahtera tercapai. Dengan demikian, kita tetap bisa berlebaran tanpa kebocoran anggaran di sana-sini.

Hal ini sepertinya tidak sulit, namun bagi Anda yang tidak terbiasa berdisiplin mengatur keuangan, tentunya sulit untuk dilakukan. Seperti sudah dijelaskan di muka bahwa godaan sale yang demikian gencar dan iming-iming diskon barang-barang branded, seringkali meruntuhkan niat dan menguras isi dompet. Namun, dengan kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat dewasa ini, kita tidak bisa lagi beralasan lupa atau tidak sempat dalam mengalokasikan dana untuk bermacam-macam kebutuhan hidup. 

Saat ini memang ada banyak bank yang memberi kita tawaran untuk mengelola keuangan, baik untuk tujuan jangka pendek maupun jangka panjang, ataupun juga mencoba menjembatani kita menggapai impian lengkap dengan iming-iming hadiah langsung yang bisa dipilih. Sebagai insan yang cerdas, ada baiknya kita terlebih dahulu mencermati kredibilitas bank dan layanan yang diberikan. Jangan sampai salah pilih yang berujung penyesalan. Bank BTPN, sebagai prionir dalam pelayanan perbankan yang kredibel dan berkualitas, kini telah menghadirkan Jenius, produk baru layanan perbankan yang sesuai dengan kebutuhan akan alokasi dana yang tepat sasaran, mudah dijangkau dalam genggaman, dan tentunya aman bagi nasabah.  Layanan yang bersifat kekinian ini jelas akan sangat membantu dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan keuangan kita.

Untuk menuju hidup yang lebih berarti kita dapat mulai mengenal Jenius, tabungan di dalam smartphonemu, produk perbankan terbaru dari Bank BTPN yang memberi pelayanan istimewa bagi Anda. Layanan ini dapat diakses melalui alamat website Jenius atau melalui akun Facebook, Twitter, dan Instagram dengan alamat @JeniusConnect. Melalui layanan ini kita memiliki kendali penuh dalam mengatur kehidupan dan keuangan, cukup dengan sekali sentuh.

Jenius menawarkan beberapa layanan yang mendukung Financial Planning kita karena produk ini mempunyai banyak keunggulan, diantaranya:

Bunga hingga 6,25 %

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x