Mohon tunggu...
Tatang Tarmedi
Tatang Tarmedi Mohon Tunggu... Jurnalis - Untuk share info mengenai politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Hidup akan jauh lebih bernilai, jika kau punya sebuah tujuan penting.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

H. Ecek Karyana: Pada Umumnya Masyarakat Belum Merdeka

26 September 2022   05:59 Diperbarui: 26 September 2022   06:56 79 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
H. Ecek Karyana: Pada Umumnya Masyarakat Belum Merdeka


Pada umumnya masyarakat sekarang belum merdeka. Karena, merdeka itu harus sagalanya. Bukan sekedar merdeka dari masalah perang saja. Namun, diantaranya banyak kaitan dengan ekonomi, pekerjaan dan hal  lainnyayang layak untuk kemanusiaan.


Demikian dikatakan H. Ecek Karyana, pamerhati politik dan  pamerintahan di Sumedang. H. Ecek lantas menekankan, bila dikaitkan dengan ukuran merdeka yang sesungguhnya, kata dia, sudah pasti masih  banyak orang yang belum merdeka, " Termasuk  diantaranya wartawan juga," katanya sambil tersenyum.

Selain dari sejahtera secara ekonomi, kata H. Ecek,  merdka itu juga terkait terhadap rasa tentram dan rasa aman. " Biarpun termasuk sejahtera secara ekonomi,  tapi, bila  tak ada rasa tentram, dan terancam, artinya  tetap belum merdeka. " katanya.

Dikatakannya lagi, sekarang masih banyak jalan yang rusak. Artinya, kebutuhan masyarakat dalam hal jalan saja belum tercukupi ," Nah, masyarakat di sekitar itu, belum bisa dikatakan telah merdeka. Pokoknya, ukuran merdeka  sekarang tercukupinya kebutuhan masyarakat dalam berbagai hal." Ujarnya.

Lebih jauhnya mantan Kandidat Bupati Sumedang ini mengatakan bahwa sudah jadi kewajiban bagi setiap warga negara berupaya untuk hidup merdeka. Minimal memerdekakan diri sendiri. Kalau bisa memerdekakan lingkungan sekitar untuk sama-sama merasakan kemerdekaan.

Sepertinya, apa yang telah dan sedang H. Ecek jalankan, tidak terlepas dari upaya untuk pencapaian kemerdekaan. Sudah jelas, selaku  Paraji Sunat. H. Ecek telah buktikan dirinya sebagai salah seorang pemenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal sunat  yang  merupakan  syare'at wajib bagi semua  lelakii yang mengaku Muslim. .
Mungkin, karena perhatian terhadap masih banyaknya orang yang hidupnya terlunta-lunta di jalanan. Berupa gelandangan, pengemis, Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) atau yang kecanduan narkobal, . H. Ecek tidak berdiam diri. Berawal dari modal sendiri, ia dirikan  Panti Disabilitas Bharokah Bhakti. Wadah pengobatan bagi  mereka yang hidupnya kurang beruntung.

Dalam bidang pendidikan, khususnya untuk Kecamatan Rancakalong,  masih banyak orang tua yang kesusahan untuk mencari sekolah SMA / SMK dengan biaya yang terjangkau. Mungkin atas dasar itulah, H Ecek mendirikan SMK Bharokah Bakti. Dan sejumlah program lainnya  yang terfokus pada upaya pensejahteraan masyarakat. Seperti program yang sedang digulirkan, yakni Nilasisasi. Program ini  terkait tentang upaya  yang seiring dengan Perpres 104 Tahun 2021 tentang Ketahanan Pangan dan Hewani. ( Tang )

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan