Mohon tunggu...
Nicke Afra
Nicke Afra Mohon Tunggu... Guru - Seorang Pendidik

Menulis adalah cara saya menyampaikan pendapat dan membaca cara saya menerima pendapat dan pengalaman orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

12 Juni 2023   01:11 Diperbarui: 12 Juni 2023   08:25 384
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembelajaran Berdiferensiasi /Dok pribadi

https://youtu.be/AAuAdMKoJBg

Salam dan Bahagia 

Hai, Bapak dan Ibu Guru Hebat berikut adalah refleksi saya selama mengikuti kegiatan pada modul 2.1 Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid. Tujuan dari refleksi ini adalah sebagai  umpan balik terhadap proses pembelajaran pada modul  2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid. Jurnal Refleksi ini saya tulis supaya dapat memotivasi guru-guru di seluruh Indonesia untuk melakukan pelayanan terbaik kepada murid dengan menerapkan Pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar murid.  Melalui  Jurnal Refleksi ini saya merefleksikan kembali pengalaman yang saya dapatkan setelah mengikuti proses pembelajaran dalam memahami materi modul 2.1 ini. Harapan saya setelah membagikan pengalaman harapan saya, jurnal refleksi ini dapat memberikan  dorongan kepada  Bapak/ Ibu Guru untuk menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi. Model refleksi yang saya gunakan adalah model 4F ( Facts, Feelings, Findings dan Future).

1. FAKTA

Pada minggu kedua bulan Febuari, kami mengikuti pre-test tepatnya pada tanggal 8 Febuari 2023. Pada tahap Pre- test ini kami berikan kesempatan untuk memilih waktu mengerjakan yang dibatasi jam pelaksanaan yaitu di mulai jam 09.00 WIB pagi sampai Jam 11.59 WIB malam. Kemudian  di lanjutkan dengan pembelajaran daring yaitu memahami  materi yang ada pada modul di LMS Kemudian  memberikan umpan balik pada setiap materi di Eksplorasi  Konsep.  Pada Ruang Kolaborasi, kami melakukan diskusi bersama CGP  yang di dampingi oleh Fasilitator  dalam memahami  materi  pembelajaran berdiferensiasi.  Selanjutnya pada tanggal 6- 10  Febuari  kegiatan PI yaitu Pendampin Individu. Adapun kegiatan tersebut dilakukan oleh Penggajar Praktik untuk mendampingi  Guru CGP  dan memantau kegiatan Aksi   CGP  di Sekolah. 

2. PERASAAN 

Pada awal pembelajaran Modul 2.1 saya merasa bingung, penasaran dan antusias terhadap materi ini. Pertama,  saya merasa bingung pada istilah kata Berdiferensiasi.  Saya belum mendapatkan bayangan yang jelas berkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi itu seperti  apa? Saya  penasaran seperti apakah pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana menerapkan pembelajaran berdiferensiasi  ? Melalui ruang kolaborasi  bersama dengan Rekan CGP  kami berdiskusi memahami materi modul 2.1  ini. Melalui kegiatan  tersebut saya  terdorong untuk mewujudkan Pembelajaran Berdiferensiasi berlandaskan pada gaya, minat dan kesiapan belajar murid. 

3  PEMBELAJARAN 

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan Belajar Murid.  Untuk merencanakan pembelajaran berdiferensiasi guru harus merancang RPP pembelajaran Berdiferensiasi yang  berlandaskan pada gaya dan minat belajar murid.  Supaya mengatahui Kebutuhan Belajar Murid  langkah awal yang dilakukan seorang guru adalah  melakukan pemetaan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid.  Adapun pemetaan tersebut  dilakukan pada tahap awal pembelajaran  misalnya mengada Pretest atau  observasi langsung.  Setelah mengetahui kebutuhan murid  guru membagikan kelompok belajar sesuai dengan minat, gaya belajar dan kemapuan murid sehingga guru dapat menyusun pembelajaran sesuai yang dibutuhkan murid.

4. PENERAPAN 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun