Mohon tunggu...
Nicholas Feby K (Kosip)
Nicholas Feby K (Kosip) Mohon Tunggu... Stand-up Komedian yang suka nulis.

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Media

Tak Banyak Diketahui, Ini dia Perbedaan Jurnalisme Online dan Multimedia

22 September 2020   00:10 Diperbarui: 22 September 2020   12:13 104 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Banyak Diketahui, Ini dia Perbedaan Jurnalisme Online dan Multimedia
Image: wartabromo.com

Ketika membahas mengenai jurnalis tentu bukanlah hal yang asing lagi buatmu bukan? Namun apakah kamu sudah mengetahui tentang karakteristik jurnalisme online maupun multimedia? Yuk langsung simak saja pembahasan berikut ini.

Jurnalisme Online

Sebelum lebih jauh membahas mengenai jurnalisme, ada hal yang perlu kamu pahami dulu terkait dengan kata online. Online di sini berarti 'di dalam sebuah jaringan' (daring).  Sehingga dalam hal ini segala macam berita ataupun informasi dapat diakses di mana saja dan kapan saja selama adanya koneksi atau jaringan internet.

Jurnalisme online sesuai namanya, tentu segala macam pemberitaannya dilakukan secara online. Jurnalisme online berbeda dengan jurnalisme cetak. Dalam hal ini, jurnalisme online tidak mengenal adanya istilah 'deadline' karena tak berselang lama dari suatu kejadian terjadi, sebuah berita atau informasi sudah dapat ditayangkan dalam portal berita online.

(Pavlik dalam Widodo 2020) menjelaskan bahwa jurnalisme online merupakan contextualized journalism atau bisa disebut kontekstual jurnalisme di mana proses pengintegrasiannya menggunakan fitur komunikasi yang unik. Adapun komunikasi unik yang dimaksud diantaranya: 

  • Kemampuan multimedia (berbasis platform digital)
  • Kualitas interaktif dengan audiens
  • Penggunaan data yang valid

Ciri Jurnalisme Online

Kebanyakan jurnalisme online tentu memiliki ciri yang sama. Salah satunya adalah ditujukan sebagai praktik jurnalistik yang mempertimbangkan berbagai kombinasi elemen media (multimedia). Secara sederhana media online adalah media massa (cetak) yang berbasis online. Dalam menyusun isi liputan, jurnalisme online memungkinkan untuk menggunakan berbagai elemen berita dengan sumber-sumber online yang lain.

Jurnalisme dengan ciri seperti ini biasanya seperti cyber journalism, e-journalism, dan atau berbagai jurnalisme online yang ada di internet. Semua jurnalis online menggunakan sistem produksi konten digital dengan berbagai elemen media di dalamnya. Keseluruhan hasil karya tersebut kemudian dipublikasikan melalui World, Wide, Web (WWW).

Jurnalisme online tidak hadir akibat adanya tuntutan dari multimedia. Dalam hal ini, menulis dalam platform media digital memang terkadang mirip dengan multimedia, namun hal yang perlu digaris bawahi adalah tidak semua jurnalisme media online adalah multimedia.

Jenis Jurnalisme Online

(Deuze dalam Widodo 2020) mengelompokkan jurnalisme online menjadi 4 jenis bagian, yaitu:

  1. Mainsream News situs - 
    Situs jurnalisme jenis ini adalah yang paling tersebar luas di portal media berita online. Sifat dari situs ini cenderung minim dan lebih tertutup.

  2. Index and Category sites - 
    Situs ini lebih dikaitkan dengan mesin pencari. Selain itu juga memanfaatkan hyperlink ke berbagai situs online lainnya. Sisi highlight dari situs ini adalah ditawarkannya ruang untuk chatting, dsb.

  3. Meta and Comment sites - 
    Situs jurnalisme ini lebih dikaitkan dengan situs pengawas media. Dalam hal ini sebagai situs indeks dan kategori yang diperluas.

  4. Share and Discussion sites - 
    Situs media ini lebih mengeksploitasi adanya tuntutan dari publik. Salah satunya adalah konektivitas. Sehingga dapat digunakan sebagai sarana bertukar ide, gagasan, cerita dsb.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x