Mohon tunggu...
Ngainun Naim
Ngainun Naim Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Dosen di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Jawa Timur. Menyukai dunia menulis. Pengelola http://www.ngainun-naim.blogspot.com dan http://www.spirit-literasi.id.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menulis di HP, Bloknote, dan Laptop

18 September 2022   18:37 Diperbarui: 18 September 2022   18:52 1194 17 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Saya sedang duduk santai di sebuah ruangan bersama beberapa teman kantor ketika salah seorang dari mereka tetiba bertanya.

"Pak Naim pernah menulis dengan HP", tanyanya.

Sang penanya ini belum terlalu lama masuk dalam tim di kantor kami. Wajar jika dia belum tahu proses kreatif saya dalam menulis. Namun kami sesungguhnya sudah sangat akrab. Beliau merupakan anak muda yang kreatif. Kolomnya bertebaran di banyak media, khususnya media online.

"Bukan hanya pernah Mas. Sering, bahkan setiap hari", kata saya.

ColorNote

Saya kemudian terlibat perbincangan lebih intensif. Saya sampaikan bahwa saya nyaris setiap hari menulis. HP menjadi "media awal" lahirnya sebuah tulisan.

Mengapa "media awal"? Karena saya selalu memindahkan tulisan di HP ke laptop. Tulisan yang sudah dipindah ke laptop akan saya baca dulu dan perbaiki sebelum akhirnya saya kirim atau unggah.

Tentu tidak semua tulisan saya buat di HP. Saya biasanya menggunakan HP untuk tulisan ringan semacam ini.

Saya sendiri tidak menghitung jumlah tulisan yang sudah saya buat melalui HP. Aspek yang penting bagi saya adalah berkarya. Sedikit demi sedikit dalam menulis tetapi konsisten.

Saya biasanya menulis seperti orang makan "ngemil". Tidak langsung banyak sampai selesai. Kadang sekali duduk dapat satu, dua, atau tiga paragraf. Saat ada waktu, menulis dilanjutkan. Begitu seterusnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan