Mohon tunggu...
Dwi Suparno
Dwi Suparno Mohon Tunggu... Administrasi - Pejuang Receh

Kuli pabri..Bisa ditemui di nfkaafi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengenal Lebih Dekat Lingkungan Sekolah Anak Kita Dimulai di Hari Pertama Sekolah

29 Juli 2016   15:44 Diperbarui: 29 Juli 2016   16:08 583
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sudah siap mengantar anak sekolah di hari pertama sekolah dan hari selanjutnya (dok.pri)

Sudah menjadi rutinitas saya di setiap pagi mulai hari Senin sampai dengan hari Sabtu selalu diawali dengan mengantar anak pergi kesekolah.Dengan sepeda motor buntut “si ijo” ini,saya selalu mengantar anak pergi dan pulang dari sekolah.Kebetulan,lokasi SD anak saya ini tidak terlalu jauh dari tempat saya bekerja yang jam masuk kerjanya juga dimulai dari jam 7 sehingga aktivitas pergi ke sekolah dan berangkat kerja dapat bebarengan waktunya.

Hari Senin tanggal 18 Juli 2016,tepatnya 2 minggu yang lalu setelah hampirselama 1 bulan lamanya anak saya menikmati libur kenaikan kelas yang disambung dengan libur Hari Raya Idul Fitri,saatnya mulai masuk sekolah kembali mengawali tahun pelajaran baru 2016-2017.Pada hari itu,baik siswa lama maupun siswa baru secara resmi mulai masuk sekolah,meskipun ada beberapa sekolah yang sudah memasukkan siswa barunya pada tanggal 16 Juli 2016 untuk praorientasi sekolah.

Agar tidak ada perlengkapan sekolah yang ketinggalan di hari pertama sekolah kedua anak saya tersebut,pada malam harinya istri saya sibuk mempersiapkan semua perlengkapan sekolah tersebut.Baju seragam,sepatu beserta kaos kakinya dan pelengkapan tulis seperti buku tulis baru, bolpoint,pensil,penggaris serta dasi dan topi semua telah dimasukkan dalam tas sekolah.

Pada hari pertama sekolah tersebut kebetulan anak saya yang kedua juga mulai merasakan “atmosfer” hari pertama sekolah setelah beberapa hari sebelumnya didaftarkan di sebuah sekolah setingkat PAUD yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah.Sehingga di pagi hari tanggal18 Juli itu,saya dan istri pun berbagi peran,saya mengantar anak pertama berangkat sekolah SD sedangkan istri mengantar anak kedua ke sekolah PAUD-nya.

Di hari pertama sekolah tahun pelajaran 2016-12017 tersebut,anak saya minta diantar lebih awal dengan alasan untuk mencari kelas baru serta mencari tempat duduk di bagian depan sehingga pada jam 06.10 WIB saya sudah siap berangkat.Biasanya saya berangkat dari rumah pada jam 06.30 WIB.Setelah menempuh perjalanan selama lebih kurang 15 menit,sampailah saya di komplek SD tempat anak saya sekolah.Terlihat pemandangan yang tidak biasanya,di pagi hari tersebut di depan pintu masuk gerbang sekolah sudah berkerumun para orang tua yang juga mengantar anaknya di hari pertama sekolahnya.

Deretan sepeda motor pengantar anak di hari pertama sekolah di depan pintu gerbang sekolah (dok.pribadi)
Deretan sepeda motor pengantar anak di hari pertama sekolah di depan pintu gerbang sekolah (dok.pribadi)
Berbagai macam jenis serta merk sepeda motor terparkir di pinggir jalan di depan pintu gerbang sekolah seolah ikut merasakan meriahnya hari pertama sekolah anaknya.Jalan di depan sekolah yang tidak terlalu lebar terasa sempit waktu itu.Sementara itu masih banyak anak anak yang masuk sekolah dengan naik sepeda maupun berjalan kaki,ada yang diantar orang tuanya maupun berangkat sendiri.Sangat disayangkan memang,di momen hari pertama sekolah tersebut para orang tua tidak memanfaatkannya dengan baik padahal para orang tua bisa berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan guru anak anaknya,mengenal teman teman anaknya hingga bisa mengetahui sistem,metode dan efektivitas pendidikan yang di gunakan di sekolah tersebut.

Sementara itu dari pihak sekolah sendiri sepertinya tidak maksimal dalam menghadapi hari pertama sekolah.Tidak adanya sambutan guru terhadap anak maupun orang tua ketika masuk ke lingkungan sekolah sehingga suasana hari pertama sekolah seperti tidak bermakna.Mungkin kedepannya bisa di munculkan tradisi baru dari pihak sekolah untuk menyambut kedatangan orang tua maupun siswa baik siswa baru maupun lama di hari pertama sekolah.

Sayapun bergegas mengantar anak saya masuk ke lingkungan sekolah hingga masuk ke kelas barunya.Waktu itu saya perhatikan tidak banyak orang tua terutama siswa lama yang mengantar anaknya sampai di depan kelas bahkan hingga masuk ke ruangan kelasnya.

Sementara itu suasana terlihat “meriah”di depan kelas 1 dimana para orang tua terutama ibu ibu yang dengan duduk setia di depan kelas menemani putra putrinya di hari pertama sekolah tersebut.Bercengkrama dengan sesama ibu ibu lainnya serta sesekali berbincang bincang dengan ibu guru yang menjadi wali kelas 1 tersebut.

Para ibu yang setia menunggu putra putrinya di hari pertama sekolah (dok.pribadi)
Para ibu yang setia menunggu putra putrinya di hari pertama sekolah (dok.pribadi)

Seolah terulang di setiap tahunnya,setiap hari pertama sekolah selalu saja ada momen mengharukan terjadi dimana tidak setiap anak terutama anak yang baru masuk di kelas 1 siap dan mau ditinggal  orang tuanya di sekolah.Ada anak yang menangis tersedu ataupun ada orang tua yang juga ikut “sekolah” kembali dengan duduk di dalam kelas,saya temukan momen tersebut dihari pertama sekolah di tahun pelajaran 2016-2017 ini.Peristiwa ini mengingatkan saya pada tahun 2011 ketika anak saya baru pertama masuk di sekolah dasar ini.Mulanya juga tidak mau ditinggal padahal ketika masih di TK tidak masalah tidak saya tunggui.Ketika pulang sekolah barulah ketahuan mengapa minta ditunggui yang disebabkan karena ada temannya yang “nakal”.Sehingga anak saya tersebut terlihat takut dan belum ada keberanian untuk melawan. 

Seorang ibu yang juga ikut “sekolah” di hari pertama sekolah (dok.pribadi)
Seorang ibu yang juga ikut “sekolah” di hari pertama sekolah (dok.pribadi)
Seorang anak siswa baru yang tidak mau ditinggal ibunya di sekolah di hari pertama sekolah (dok.pribadi)
Seorang anak siswa baru yang tidak mau ditinggal ibunya di sekolah di hari pertama sekolah (dok.pribadi)
Tidak jauh berbeda di setiap hari Senin baik diawal hari pertama masuk sekolah maupun di hari Senin biasanya selalu diawali dengan kegiatan rutin yaitu upacara bendera.Semua warga sekolah tanpa terkecuali wajib mengikuti kegiatan upacara bendera di halaman sekolah.Para guru dan murid dari kelas 1 hingga kelas 6 berdiri berderet menempati lokasi yang telah ditentukan.Dalam upacara hari pertama sekolah tersebut,pembina upacara menekankan pentingnya menjaga kekompakan antara guru,murid dan orang tua untuk suksesnya proses pembelajaran di sekolah. Selain itu,pembina upacara juga menyampaikan bahwa kegiatan belajar mengajar di hari pertama sekolah tersebut masih belum maksimal.Bagi anak anak kelas 1,kegiatan di sekolah hanya sampai jam 9 saja sedangkan untuk kelas 2 sampai kelas 6 kegiatan di sekolah sampai jam 10 WIB.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun