Mohon tunggu...
GoDok Indonesia
GoDok Indonesia Mohon Tunggu...

Aplikasi kesehatan yang menyajikan layanan Tanya Dokter Gratis dan Ragam Artikel seputar kesehatan, gaya hidup, keluarga hingga ragam penyakit

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Berat Badan Turun dengan Menonton Film Horor

6 April 2018   14:16 Diperbarui: 6 April 2018   14:39 0 1 0 Mohon Tunggu...
Berat Badan Turun dengan Menonton Film Horor
dreamhost.com

Go Dok-Mungkin Anda tidak percaya dan bertanya-tanya "Apa hubungannya turunkan berat badan dengan menonton film horor?" Hal ini wajar saja karena pada umumnya kita menganggap aktivitas menonton hanya akan menambah berat badan

Penasaran? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Peneliti menyebutkan bahwa menonton film horor dapat membantu membakar  kalori. Semakin seram film yang ditonton, maka semakin banyak kalori yang akan terbakar di dalam tubuh Anda.

Cukup dengan duduk di sofa dan menonton film horor berdurasi 90 menit, Anda dapat membakar sebanyak 113 kalori. Jumlah demikian setara dengan kalori yang terbakar saat berjalan kaki selama 30 menit, atau sama dengan membakar kalori dari satu batang cokelat.

Hasil tersebut terungkap ketika peneliti melakukan percobaan terhadap 10 orang yang menonton beberapa film horor klasik pilihan. Para peneliti kemudian memantau para penonton dari segi detak jantung, oksigen yang diambil beserta tingginya karbondioksida yang dihasilkan untuk menghitung berapa jumlah energi yang mereka gunakan. Dari penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa rata-rata para partisipan menghabiskan sepertiga lebih banyak energi ketika menonton film yang menyeramkan dibandingkan ketika mereka sedang duduk di depan layar kosong.

Dr. Richard Mackenzie, seorang spesialis metabolisme dari University of Westminster mengatakan bahwa pembakaran kalori dimulai dari denyut nadi yang semakin cepat, sehingga darah  ikut semakin cepat terpompa. Kondisi tersebut mengakibatkan tubuh mengalami pelepasan hormon adrenalin yang bekerja secara cepat, yang dihasilkan kejutan dan stress yang bertekanan tinggi dalam waktu singkat, atau lebih dikenal dengan rasa takut. Rasa takut tersebut menunurunkan nafsu makan dan meningkatkan laju metabolisme basal. Hal tersebut kemudian membuat tubuh Anda membakar lebih banyak kalori.

Agar pembakaran kalori menjadi lebih maksimal, Helen Cowley, dari perusahaan rental film LOVEFiLM, mengatakan bahwa Anda harus benar-benar menonton dan memperhatikan film horor tersebut. Coba tantang diri Anda untuk tidak bersembunyi di balik bantal atau meringkuk ketakutan di sofa ketika adegan-adegan menyeramkan mulai muncul.

Jika Anda tertarik untuk mencoba, Anda dapat mulai menonton film horor klasik pilihan yang dianggap dapat membakar kalori berikut ini:

  1. The Shining, membakar 184 kalori
  2. Jaws, membakar 161 kalori
  3. The Exorcist, membakar 158 kalori
  4. Alien, membakar 152 kalori
  5. Saw, membakar 133 kalori
  6. [Rec], membakar 101 kalori
  7. A Nightmare on Elm Street, membakar 118 kalori
  8. Paranormal Activity, membakar 111 kalori
  9. The Texas Chainsaw Massacre, membakar 107 kalori
  10. The Blair Witch Project, membakar 105 kalori

Siapa sangka, ternyata menonton film horor dapat membantu Anda turunkan berat badan? Anda boleh mulai mempraktikkan menonton film horor sebagai bagian dari upaya untuk turunkan berat badan. Tapi, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kandungan dalam camilan Anda saat menonton agar usaha Anda tidak sia-sia. Cara ini cukup efektif bila dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen penambah berat badan/penurun berat badan. Selamat menonton film horor!

KONTEN MENARIK LAINNYA
x