Mohon tunggu...
GoDok Indonesia
GoDok Indonesia Mohon Tunggu...

Aplikasi kesehatan yang menyajikan layanan Tanya Dokter Gratis dan Ragam Artikel seputar kesehatan, gaya hidup, keluarga hingga ragam penyakit

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mengenal Kleptomania si Pencuri Barang

22 Januari 2018   16:41 Diperbarui: 22 Januari 2018   16:45 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mengenal Kleptomania si Pencuri Barang
source: http://quiteverything.net/

Go Dok- Pernahkah Anda mendengar seseorang yang memiliki kegemaran mencuri barang? Ya, kita sering menyebutnya dengan klepto. Klepto sendiri merupakan singkatan dari kleptomania, istilah keadaan bagi orang-orang yang memiliki kegemaran mencuri barang.

Apa sebenarnya kleptomania?

Kleptomania adalah sebuah kondisi dimana seseorang mengalami perasaan spontan untuk mencuri barang.  Keinginan tersebut muncul begitu saja dan tidak bertujuan untuk penggunaan pribadi atau kepentingan uang. Anda bisa saja berpikir pengidap kleptomania hanya iseng belaka. Namun, sayangnya kondisi tersebut tidak dapat ditahan oleh penderitanya.

Seorang kleptomaniak---sebutan bagi pengidap kleptomania, biasanya merasakan ketegangan tinggi yang bercampur dengan perasaan senang, kepuasan, dan lega setelah melakukan perbuatannya. Kondisi kleptomania sendiri bukanlah sebuah gangguan kelainan atau kepribadian. Meski demikian, setelah mencuri biasanya kleptomaniak justru merasa depresi dengan keadaan dirinya.

Seorang kleptomaniak biasanya mencuri barang yang bernilai rendah, seperti makanan atau barang-barang kecil. Tapi tidak menutup kemungkinan barang seperti pakaian pun bisa dijadikan sasaran. Terkadang kleptomaniak menimbun barang curiannya, namun terkadang pula ia mengembalikannya. Karena mereka berusaha mencuri, mereka tidak akan melakukannya secara terang-terangan. Mereka akan bersembunyi-sembunyi agar tidak ketahuan untuk bisa memuaskan hasratnya untuk mencuri.

Apa yang membedakan perilaku kleptomania dengan pencuri biasa? Seorang kleptomaniak benar-benar tidak dapat menahan hasratnya untuk mencuri barang. Ia benar-benar melakukannya secara impulsif.

Mendeteksi kleptomania

Bagaimana cara mendeteksi ketika seseorang terdekat mengidap kleptomania? Anda harus benar-benar waspada terhadap barang-barang yang tidak ada di tempatnya dan sudah terjadi berkali-kali. Juga ketika orang tersebut berperilaku aneh ketika Anda memasuki ruangan. Sayangnya, perilaku kleptomania pintar untuk memanipulasi keadaan. Hal yang paling bisa membuktikan ia kleptomaniak adalah menangkap basah kleptomaniak ketika sedang beraksi mencuri.

Penyebab kleptomania

Kleptomania sebenarnya merupakan kasus yang jarang terjadi. Namun, ternyata lebih banyak kleptomaniak perempuan dibandingkan laki-laki. Biasanya, kleptomania juga pathway didampingi oleh gangguan kejiwaan lainnya, seperti depresi, bipolar disorder, anxiety, gangguan makan, gangguan kepribadian, ketergantungan obat, dan gangguan lain yang memengaruhi kontrol diri seseorang.

Meski demikian, terdapat bukti bahwa kleptomania berhubungan dengan jalan neurotransmitter yang ada pada otak yang berkaitan dengan perilaku. Hal ini tentu saja juga berhubungan dengan sistem serotonin, dopamin, dan opioid. Beberapa ahli juga mengaitkan kleptomania sebagai spectrum dari gangguan obsesif-kompulsif, yang menyebabkan penderitanya merasakan bahwa dorongan mencuri tersebut sebagai alien atau gangguan yang tidak diinginkan terhadap mental mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x