Mohon tunggu...
nety tarigan
nety tarigan Mohon Tunggu... Perempuan AntiKorupsi

Bekerja dengan masyarakat khususnya anak dan perempuan untuk mendorong mendapatkan keadilan

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Plat Merah di Mobil Pejabat: Membantu Masyarakat Mencegah Korupsi

1 Desember 2019   15:18 Diperbarui: 1 Desember 2019   15:22 38 0 0 Mohon Tunggu...

Akhir-akhir ini. Mungkin Anda melihat mobil mewah dengan no Polisi seperti RFS atau R... berkeliling di jalan pada waktu sabtu dan minggu atau masuk ke mall. Mungkin yang mengetahui plat mobil pemerintah akan bertanya "ngapin ya mobil itu jalan atau ngapin ya di mall", bingung pastinya.

Akan tetapi bagi beberapa masyarakat yang Tidak mengenal kebijakan pemerintah dengan Tidak menggunakan plat merah bagi mobil pejabat Aparatur Sipil Negara seperti Menteri dan esalon 1 dan 2 - sebenarnya kebijakan tersebut memutuskan partisipasi masyarakat dalam memantau akan aset negara.

Bayangkan saja jika kejadian dimana orang melihat mobil negara masuk mall pada waktu libur dengan plat merah; sudah dapat dipastikan masyarakat akan menggambil foto dan memviralkan di sosmed sebagai bagian partisipasi masyarakat menjaga aset negara dan uang negara yang digunakan Tidak sesuai fungsi.

Plat merah sudah melekat dipemahaman masyarakat bahwa mobil tersebut adalah milik negara sehingga siapapun yang menggunakan mobil tersebut pastinya akan lebih Berhati-hati. Akan tetapi perubahan kebijakan menggunakan plat mobil hitam dengan nomor khusus seperti B... RFS dll - sangat disayangkan Karena masyarakat Tidak semuanya menghapal plat hitam tersebut selain itu potensi penyalahgunaan mobil di waktu libur untuk kepentingan pribadi sangat besar.

Kalau negara serius untuk mencegah korupsi mungkin yang paling Mudah Untuk dilakukan oleh pemerintah saat ini adalah memberlakukan plat merah bagi mobil pejabat. 

Jika anggaran yang terlihat kecil seperti biaya bensin dan biaya maintenance serta penurunan umur aset diseluruh kantor pemerintah - dapat ditekan dengan penggunaan mobil kantor sesuai fungsi, maka negara Indonesia akan semakin hebat.

Lakukan pencegahan korupsi dari hal kecil dahulu agar Indonesia sejahtera. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x