Mohon tunggu...
nesya prasetya
nesya prasetya Mohon Tunggu... Terus berusaha dan yakin i can do it

Terus berusaha dan bekerja keras untuk mencapai keinginan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengapa Kita Harus Fokus untuk Mencintai Diri Sendiri?

14 Desember 2019   19:45 Diperbarui: 18 Desember 2019   15:41 25 0 0 Mohon Tunggu...

Belajar mencintai diri sendiri adalah terobosan yang dapat membuat setiap bidang kehidupan lebih baik. Bahwa mencintai diri sendiri adalah kesehatan mental, emosional, dan bahkan fisik. 

Dan jangan belajar untuk menetapkan batasan dengan diri sendiri dan orang-orang disekitarnya. Karena tidak akan ada ruang untuk mencintai yang lebih lembut, dan yang merangkul dalam hidup. 

Belajar untuk mencintai diri sendiri berarti mengembangkan pelukan yang hangat dan tangan yang kuat. Itu adalah belajar untuk memperlakukan diri sendiri dengan belas kasihan penuh tanpa adanya tuntutan kita bahwa kita setia pada cita-cita tertinggi kita.            

Dengan mencintai diri sendiri berarti kita sudah menghargai diri kita sendiri. Dengan menerima segala kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Dan akan lebih mudah untuk menerima orang lain dalam kehidupan kita. 

Karna jika kita ingin diperlakukan dengan baik oleh orang lain, maka kita harus menerima dengan ikhlas baik buruknya diri kita. Dengan hal ini juga kita akan lebih merasa percaya diri. Dan jika kita sudah mencintai diri sendiri maka akan lebih merasa nyaman dan enjoy. 

Dan yang terpenting adalah berhenti untuk menjadi orang lain. cukup menjadi diri sendiri dan percaya diri untuk menjadi diri sendiri. Jangan pernah melihat pandangan orang lain terhadap kita dan jangan mendengar perkataan orang lain. selama yang kita lakukan benar menurut kita dan tidak melewati batas, why not? Tetap percaya diri, yakin dan jangan pernah ragu untuk menjadi diri sendiri.

Beberapa orang sangat sulit untuk mencintai diri sendiri, karena mereka lebih melihat pandangan orang lain terhadapnya. Mereka terlalu sibuk untuk menjadi orang lain bukan diri sendiri. Faktanya mereka sangat sulit untuk menerima diri sendiri dan yang akan menimbulkan efek negatif, rendah diri bahkan akan membenci dirinya sendiri. Hal ini akan berujung dengan kematian dan depresi.

Hasil analisis menemukan korelasi negatif antara perilaku asertif dan kecenderungan depresi.  Perilaku yang lebih asertif, kecenderungan untuk depresi, dan sebaliknya.  

Temuan lain juga menunjukkan korelasi negatif antara harga diri dan kecenderungan depresi.  Semakin harga diri, semakin sedikit kecenderungan untuk depresi, maka perlunya kita untuk mencintai diri sendiri. (Rosa Imani Khan, 2012 )

Untuk mencintai diri sendiri juga kita tidak boleh merasa rendah diri. Karena Pandangan merendahkan diri itu merugikan diri sendiri. Memandang diri serba baik membuat kita sulit mengolah diri sendiri dan problem kehidupan. Memandang diri serba buruk juga tak kalah pengaruh jahatnya terhadap diri dan hidup kita. ( Paul J Centi, 1993 )

Maka agar lebih mudah untuk mencintai diri sendiri, ada beberapa cara yang akan membuat kita mencintai diri sendiri, cara-caranya sebagai berikut :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN