Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Pegiat Budaya | Kritikus Sosial

Beta orang kampung

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Inilah Alasan Pilpres 2024 Bukan Panggung bagi Anies Baswedan

5 Januari 2020   17:27 Diperbarui: 5 Januari 2020   19:48 1720 7 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Alasan Pilpres 2024 Bukan Panggung bagi Anies Baswedan
antaranews.com

Anies Baswedan disebut sebagai salah satu figur yang akan meramaikan Pilpres 2024. Akan tetapi, peluangnya akan lebih besar jika ....

Meski Anies Baswedan dinilai tidak mampu mengatasi banjir Jakarta, isu untuk ikut dalam kontestasi Pilpres 2024 akan tetap menguat. Pasalnya, ditengah dirinya dibully karena tidak mampu mengatasi sampah Jakarta, Nasdem dalam kongres keduanya di Jakarta memberikannya panggung untuk berpidato.

Nasdem disebut akan memuluskan jalan Anies Baswedan ke Pilpres 2024 setelah manuver politik Surya Paloh, Ketua Umum Partai Nasdem menuai kecurigaan publik. Pelukan manis kepada PKS, lawan politiknya setelah Prabowo memutuskan untuk merapatkan barisan ke Jokowi patut dicurigai meski kemudian ia memeberikan pelukan yang sama kepada Presiden Jokowi.

Meskipun kiprah Nasdem di dunia perpolitikan di Indonesia masih seumur jagung, kekuatan Nasdem setara dengan partai-partai tua seperti Demokrat dan Gerindra. Hasil yang diperoleh dari dual kali pemilu (2014 dan 2019) menjadi bukti bahwa kekuatan Nasdem tidak dapat dipandang sebelah mata.

Karena itu, bukan tidak mungkin, Nasdem akan mengusung kadernya sendiri untuk bertarung pada kontestasi perebutan kursi nomor satu Indonesia. Nasdem memiliki sejumlah kader berkualitas yang memiliki peluang ke sana. Akan tetapi, popularitas individu yang dimiliki oleh kader-kader tersebut masih kalah dari Ketua Umum, Surya Paloh.

Namun, Surya Paloh secara tegas dalam setiap pertemuan Partai Nasdem bahwa tujuan ia mendirikan Partai Nasdem bukan untuk sebuah nama (menjadi Presiden Indonesia). Meskipun orasi-orasinya masih dicurigai sebagai bahasa politik.

Karena itu, peluang Anies Baswedan bertarung pada Pilpres 2024 melalui Partai Nasdem terbilang memiliki peluang besar. Pasalnya, saat Nasdem masih menjadi ormas, Anies Baswedan merupakan salah anggota atau kader Nasdem.

Secara popularitas, kita tidak perlu meragukan Anies Baswedan. Seorang gubernur DKI Jakarta tidak perlu diragukan soal itu, Sebenarnya, secara intelektual pun demikian, pria yang menyandang gelar Guru Besar ini mampu untuk ke kursi RI satu.

Lagipula, menjadi Gubernur DKI Jakarta adalah salah satu anak tangga menuju pencalonan presiden. Misalnya, presiden Jokowi.

Akan tetapi, hal yang perlu diperhatikan adalah fokus Anies Baswedan pada pembenahan Jakarta. Jakarta bukan lagi daerah tertinggal yang dibangun tapi butuh pembenahan. Misalnya, kemacetan, polusi, sampah dan banjir yang menjadi topik hangat saat ini.

Di atas kertas, gebrakan Anies Baswedan belum memperlihatkan perubahan pada isu-isu tersebut. Memang prestasi Anies Baswedan di sektor yang lain tidak bisa dipandang sebelah mata. Misalnya, program perumahan dengan DP 0 Rupiah. Akan tetapi saat ini Jakarta mendapat sorotan terkait masalah-masalah seperti banjir, macet, polusi dan sampah. Luka lama yang tidak pernah sembuh. Gubernur ganti gubernur tapi tetap tidak berhasil membawa keluar ibukota dari penderitaan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x