Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Pulih Bersama Pilihan

Kowani Tinjau Korban Gempa Cianjur, Warga Desa Ciputri Mulai Stress

24 November 2022   16:19 Diperbarui: 24 November 2022   16:23 121 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tenda pengungsian warga Desa Ciputri korban gempa Cianjur (dokpri)

Ini adalah tenda-tenda pengungsian warga Desa Ciputri, Kecamatan Lebak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang menjadi korban gempa pada Senin 21 November 2022. Tendanya bukan terbuat dari terpal yang biasa terlihat di tenda-tenda pengungsian.

Tenda-tenda pengungsian yang terhampar di halaman Sarongge Villey ini terlihat lebih bagus dibanding tenda-tenda pengungsian yang terlihat di lokasi-lokasi bencana. Warnanya cerah dan lebih luas. Bisa menampung lebih banyak orang. Ini lebih ke tenda glamping alias glamour camping.

Apakah tenda-tenda itu fasilitas dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah setempat? Lazimnya, jika tenda itu berasal dari pemerintah pasti akan tertulis nama kementerian atau instansi yang memfasilitasi. 

Seperti terlihat pada tenda pengungsian yang didirikan oleh Kementerian Sosial, di bagian atas tenda tertulis "Kemensos" atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana tertulis "BNPB". Kalau yang di Sarongge Villey, tidak demikian.

Ternyata usut punya usut, tenda-tenda itu tadinya disediakan pihak hotel untuk tamu-tamu dari instansi salah satu dinas kabupaten  yang menginap selama 3 hari. Kebetulan di hari Senin itu, agenda kegiatan dibuka oleh Bupati Cianjur Herman Suherman.

Baru saja Bupati keluar dari hotel, terjadilah gempa.Tidak ada yang menyangka, Senin 21 November 2022 siang, tepatnya pukul 13.21 WIB, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diterjang gempa berkekuatan M5,6 SR. 

Meski tidak menimbulkan potensi tsunami, gempa ini sudah meluluhlantakkan tanah Cianjur menelan korban jiwa dan harta benda.

Seketika kegiatan itu pun tidak jadi dilanjutkan, tamu-tamu hotel pun berusaha menyelamatkan diri. Berhamburan keluar. Sudah pasti, tidak ada yang ingin menginap di tenda-tenda itu. 

Sebagaimana kita ketahui, gempa terjadi pada Senin 21 November 2022 pada pukul 13:21 WIB. Gempa berpusat di 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan kedalaman gempa 10 km.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pulih Bersama Selengkapnya
Lihat Pulih Bersama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan