Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - Bunda tiga dara cantik

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu

21 Juni 2021   19:24 Diperbarui: 21 Juni 2021   19:33 172 18 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu
Dokumen pribadi


"Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) membaca Kitabullah dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), mereka akan dinaungi rahmat, mereka akan dilingkupi para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi para makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya" (HR. Muslim no. 2699).

Demikian pembukaan kajian muslimah group "AyoNgaji", Kamis (17/6/2021) sore lalu, yang disampaikan Ustadzah Hj Lissa Malike, Lc. Setelah sempat vakum liburan lebaran, kajian akhirnya kembali diadakan, masih secara online.

Ustadzah mengingatkan meski dalam kondisi pandemi Covid-19, jangan menjadi halangan atau ciut dan pesimis untuk mengikuti kajian. Karena menuntut ilmu itu wajib semua umat manusia baik laki-laki maupun perempuan.

Dari hadist yang disampaikan Rasulullah saat berkumpul (halaqoh) bersama sahabat-sahabat tersebut, berarti ada 4 kelebihan dari muslim yang berkumpul untuk membaca dan belajar kitabullah:

1. Allah berikan ketenangan
Beragam cara orang mencari ketenangan jiwa, meski rela harus mengeluarkan uang banyak, namun ketenangan yang didapatkan hanyalah semu.

Mungkin ada masalah dengan keluarga, anak-anak, orangtua, kantor, tetangga, penyakit maka ketika menghadiri majelis ilmu atau kajian minimal 2 jam saja, Allah akan memberikan kita ketenangan.

Diberi ketenangan di sini bukan berarti masalah langsung hilang, atau sakitnya langsung sembuh, tetapi akan bertambah keimanan kita. Ini juga termasuk diberi ketenangan.

2. Allah menyelimuti dengan rahmat
Menyelimuti di sini bukan sekedar mendapatkan rahmat, tetapi menghujaninya rahmat yang banyak bagaikan air hujan yang deras.

Rahmat bisa berarti ditambahkan ilmu, dilancarkan rezeki, diberi ketenangan yang lebih, bertambah keimanannya, bertambah ilmunya, bertambah kasih sayang di dalalm hatinya, dikaruniai anak-anak yang sholeh, terhindar dari bahaya, terlepas dari penyakit, suami yang selalu dijaga.

Kalau disebutkan satu persatu tidak akan habis karena memang banyak sekali. Melimpah deras bagaikan air hujan. Karena rezeki itu bukan hanya berupa uang tapi juga berupa kenikmatan yang kita rasakan yang kelihatan orang lain sepele.

Umur yang bermanfaat, diberi kesehatan, dikelililingi teman-teman yang baik, Allah jaga harta juga, itu juga termasuk rezki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN