Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Bunda tiga dara: Putik Cinta Khairunnisa, Annajmutsaqib, Fattaliyati Dhikra

Menulis cara saya meluapkan segala rasa: gelisah, marah, bahagia, cinta, rindu, harapan, kesal, dan lain-lain.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

"Tombo Ati", Nasihat Diri tanpa Harus Dinasihati

22 April 2021   11:40 Diperbarui: 22 April 2021   12:00 338 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Tombo Ati", Nasihat Diri tanpa Harus Dinasihati
You Tube/Happy Sing Lirik

Bulan Ramadhan selalu identik dengan lagu religi. Ibarat amplop dan perangko, yang saling melengkapi dan tidak bisa terpisahkan. Bahkan, sebelum Ramadhan tiba, lagu-lagu religi sudah meluncur di tengah masyarakat untuk menyemarakkan bulan puasa.

Lagu religi ini banyak berbicara tentang ajaran agama, jalan kebenaran, refleksi hidup, dan ke-Tuhan-an yang diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita.

Lalu apa lagu favorit Ramadhan saya? Ada beberapa lagu yang enak di hati saya. Salah satunya Tombo Ati yang dibawakan oleh Aunur Rofiq Lil Firdaus alias Opick. Lagu ini dapat dinikmati kapan saja. Tidak hanya di bulan Ramadhan saja.

Meski lagu Tombo Ati dirilis pada 2005, yang berarti 16 tahun lalu, tapi sampai sekarang masih disenandungkan,  mengingat lagu ini menjadi nasihat diri bagaimana kita bisa menjaga hati agar selalu tenang. Ini adalah lagu yang paling mengena di hati.

Lagu Tombo Ati ini berisi lima resep ampuh pelipur hati agar senantiasa dekat kepadaNya.

Tombo ati iku limo perkorone
Kaping pisan moco Qur'an lan maknane
Kaping pindho sholat wengi lakonono
Kaping telu wong kang sholeh kumpulono
Kaping papat weteng iro ingkang luwe
Kaping limo dzikir wengi ingkang suwe
Salah sawijine sopo biso ngelakoni
Mugi-mugi Gusti Allah nyembadani

Obat hati ada lima perkaranya
Yang pertama baca Quran dan maknanya
Yang kedua sholat malam dirikanlah
Yang ketiga berkumpullah dengan orang sholeh
Yang keempat perbanyaklah berpuasa
Yang kelima dzikir malam perbanyaklah
Salah satunya siapa bisa menjalani
Moga-moga Gusti Allah mencukupi

Dari lagu itu, ada lima cara yang bisa membuat hati kita tenang dalam mengarungi kehidupan ini. Jika kita bisa menjalankan kelima atau salah satu cara ini insya Allah hidup kita akan bahagia, karena hati kita selalu dalam tentram dan damai.

Lima cara ini sering juga disebut dengan obat hati ketika jiwa atau hati kita tersakiti, galau, resah,  gelisah, dihujani berbagai persoalan hidup, termasuk saat sedih karena tertimpa musibah dan bencana. Dengan obat hati ini, insya Allah seketika hati kita menjadi tenang.

Inilah kelima obat hati ini:
1. Baca Quran dan maknanya.
Alquran adalah kitab suci umat Islam yang berisi petunjuk-petunjuk hidup. Dengan sering membaca Alquran, terlebih jika disertai dengan memahami arti yang terkandung di dalamnya, akan membuat kita semakin memahami tujuan dari kehidupan kita ini.

Membaca Alquran itu obat hati, obat dari segala macam penyakit hati. Sebagaimana firman Allah dalam Surat Yunus ayat 57, yang artinya, "Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman."

2. Sholat malam dirikanlah
Sering-seringlah melaksanakan shalat malam, terutama sekali sholat tahajjud di sepertiga malam.  Selain akan membuat kita semakin dekat dengan Allah,  Insyaallah kita akan diberi jalan ke luar dari permasalahan yang sedang kita hadapi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN