Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Minggu ke-5 Belajar Tahsin, Kesalahan Membaca Huruf Dzal

12 September 2020   21:12 Diperbarui: 27 Mei 2021   09:17 5929
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mempelajari tahsin (unsplash/anis coquelet)

Sabtu (12/9/2020), jam 6 pagi, seperti biasa jadwal saya belajar tahsin. Tahsin adalah membaguskan cara membaca Alquran sesuai kaidah tajwid. Dan, seperti biasa guru tahsin, ibu Zahra Faiza, sudah standby sebelum "para murid" hadir di layar gadget.

Ya, pembelajaran tahsin minggu ke-5 yang diadakan Dewan Kemakmuran Masjid Al Ihsan Permata Depok, Jawa Barat, ini masih secara virtual melalui aplikasi zoom. Yang entah kapan pembelajaran secara offline bisa terlaksana.

Setelah membaca basmalah, surat Alfathiha dan doa pembuka majelis, para murid mendapat giliran. Karena saya yang paling awal hadir, maka saya mendapatkan giliran lebih awal. Degdegan juga sih. Sudah sebulan saya masih degdegan saja.

Saya pun kembali mengulang pembelajaran minggu lalu sebelum lanjut ke halaman berikutnya. Nah, ketika saya membaca ternyata saya ada kesalahan dalam pengucapan huruf "dza". Kadang benar, kadang salah. Padahal minggu lalu pengucapannya sudah pas.

Kenapa bisa salah ucap lagi ya, padahal tadi sudah benar? Berulang kali guru tahsin membenarkan pengucapan sambil mencontohkan bagaimana posisi lidah yang benar.

Baca juga : Belajar Tahsin, Latihan Membaca Idgham Sempurna dan Tidak Sempurna

"Ujung lidah dari arah permukaan atasnya bertemu dengan ujung dua gigi seri atas. Pangkal lidah tidak terangkat," kata guru tahsin. Saya mengikuti arahannya, yang terdengar olehnya masih belum tepat.

Apa karena pengaruh lidah saya yang urang sunda ya? Ibu guru bisa memaklumi tapi tetap meminta saya untuk terus mengulang agar lidah saya menjadi lebih smooth dalam mengucapkan huruf dza.

Ada tiga kesalahan dalam membaca huruf "dza". Pertama, saat dibaca yang keluar dari mulut bunyi huruf "zai". Yang harusnya dibaca dza yang keluar "za". Ini tidak boleh terjadi karena sama artinya mengubah struktur kata dan mengubah arti dari kata.

Ilustrasi mempelajrai tahsin (Dokumen pribadi)
Ilustrasi mempelajrai tahsin (Dokumen pribadi)
Kedua, mengucapkan huruf secara tafkhim atau tebal seperti huruf dho. Yang jika ini dibiarkan akan mengubah arti bacaan. Ketiga, memposisikan akhir ujung lidah di permukaan bagian dalam dari gigi-gigi seri  atas.

Huruf dza diucapkan dengan menyentuhkan ujung lidah dengan dinding dua gigi seri bagian atas seperti kita mengucapkan huruf Tsa. Ujung lidah boleh ditampakkan sedikit ataupun tidak ditampakkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun