Mohon tunggu...
Nikmatus Sukrila
Nikmatus Sukrila Mohon Tunggu... Guru PAUD -

- Nama lengkap NIKMATUS SUKRILA, akrab dipanggil NENG ILA - Lahir di Sidoarjo, 14 November 1992 - Status sudah menikah pada Jum'at 13 Januari 2017 - Profesi guru PAUD sejak Agustus 2015 sampai sekarang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Fisikku Sehat, Motorikku Kuat!

19 Maret 2014   00:27 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:46 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Berbicara tentang fisik, maka tidak lepas dengan perkembangan. Setiap makhluk hidup pasti mengalami peristiwa perkembangan. Di mana perkembangan ini meliputi seluruh bagian tubuh makhluk hidup, baik dari aspek psikologis maupun aspek biologis. Perkembangan merupakan suatu perubahan yang bersifat kualitatif.

Menurut Yusuf Syamsu (2001: 15), perkembangan adalah perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya atau kematangannya (maturation) yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan, baik menyangkut fisik (jasmaniah) maupun psikis (rohaniah).

Adapun menurut Oemar Hamalik (2004: 84), perkembangan merujuk kepada perubahan yang progresif dalam organisme bukan saja perubahan dalam segi fisik (jasmaniah) melainkan juga dalam segi fungsi, misalnya kekuatan dan koordinasi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan merupakan perubahan yang bersifat kualitatif yang menekankan pada segi fungsional.

Adapun perkembangan fisik merupakan perkembangan yang menjadi dasar bagi kemajuan perkembangan berikutnya. Ketika fisik berkembang dengan baik, maka memungkinkan anak untuk dapat lebih mengembangkan keterampilan fisiknya. Perkembangan fisik anak ditandai juga dengan berkembangnya perkembangan motorik, baik motorik halus maupun motorik kasar.

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK

USIA

KEMAMPUAN MOTORIK KASAR

KEMAMPUAN MOTORIK HALUS

Usia 3-4 tahun

1.Naik dan turun tangga

2.Meloncat dengan dua kaki

3.Melempar bola

1.Menggunakan krayon

2.Menggunakan benda/alat

3.Meniru bentuk (meniru gerakan orang lain)

Usia 4-6 tahun

1.Melompat

2.Mengendarai sepeda anak

3.Menangkap bola

4.Bermain olahraga

1.Menggunakan pensil

2.Menggambar

3.Memotong dengan gunting

4.Menulis huruf cetak

Sumber: Yusuf Syamsu LN., 2001: 123.

Menurut Ahmad Susanto (2011: 33), proporsi tubuh anak berubah secara dramatis, seperti pada usia tiga tahun, rata-rata tinggi anak sekitar 80-90 cm dan beratnya sekitar 10-13 kg. Adapun pada usia lima tahun tinggi anak mencapai 100-110 cm pertumbuhan otak pada usia ini sudah mencapai 75% dari orang dewasa, sedangkan pada umur enam tahun mencapai 90%.

Mudzakir dan Sutrisno (1997: 87), berpendapat bahwa sejak lahir sampai dewasa individu melewati empat tahapan, yaitu:

a.Tahap I: dari 0,0 sampi kira-kira 3,0 tahun disebut dengan fullungs (pengisian) periode-1, di mana pada periode ini anak kelihatan pendek gemuk.

b.Tahap II: dari kira-kira 3,0 tahun sampai kira-kira 7,0 tahun; yang disebut dengan streckungs (rentangan) periode-1, di mana pada periode ini anak kelihatan langsing, memanjang, dan meninggi.

c.Tahap III: dari kira-kira 7,0 sampai kira-kira 13,0 tahun; yang disebut dengan fullungs periode-2, pada masa ini anak kelihatan pendek gemuk kembali.

d.Tahap IV: dari kira-kira 13,0 sampai kira-kira 20,0 tahun; yang disebut dengan masa streckungs periode-2, di mana pada masa ini anak kelihatan langsing kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun