Mohon tunggu...
Nella Nailatul Karimah
Nella Nailatul Karimah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang pendidik yang sudah hampir 10 tahun lebih mengajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Peningkatan Kemampuan Pendidik Melalui Diklat Pembuatan Video Pembelajaran yang Menarik Di TK Al-Karomah

4 Desember 2021   21:30 Diperbarui: 4 Desember 2021   21:45 97 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peningkatan Kemampuan Pendidik Melalui Diklat Pembuatan Video Pembelajaran yang Menarik Di TK Al-Karomah

Oleh: Nella Nailatul Karimah, S.Pd

LATAR BELAKANG

  • Kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan model atau strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran akan sulit untuk dicapai jika tidak memiliki SDM yang tinggi dan kemampuan dalam bersaing Permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan seringkali di tujukan pada pendidik yang dianggap sebagai penyebab rendahnya kualitas hasil pendidikan. Dalam UU No.14 tahun 2005 dijabarkan bahwa Sebagai agen pembelajaran, guru merupakan kunci utama keberhasilan pendidikan, sehingga tidak mengherankan jika kemudian pendidik menjadi pihak yang dianggap paling bertanggung jawab terhadap baik-buruknya kualitas pendidikan. Oleh sebab itu, fungsi utama pendidik adalah meningkatkan mutu pendidikan, agar Ananda lebih berminat dan tidak bosan terutama pada saat pembelajaran secara daring akibat virus Cif-19.
  • Komponen dalam suatu proses pembelajaran terdiri dari berbagai komponen yang satu sama lain saling berinteraksi dan berinterelasi. Pendidik sebagai komponen yang sangat menentukan dalam implementasi strategi pembelajaran yang moderen. Keberhasilan implementasi strategi pembelajaran akan tergantung pada kepiawaian pendidik dalam menggunakan strategi pembelajaran yang semakin berkembang. Startegi dalam pembelajaran di sekolah harus dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi ananda, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik di era yang serba modern dan cangih. Pelaksanaan peranan guru pada pencapaian keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek produk/ hasil dan aspek proses. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari minat keinginan Ananda melakukan proses pembelajaran secara bertahap dengan adanya minat  belajar maka akan menciptakan hasil belajar yang baik.
  • Dari latar belakang diatas permasalah yang muncul yaitu “Turunnya minat belajar Ananda pada Pembelajaran Daring”.

TUJUAN DAN INDIKATOR KEBERHASILAN

  • Berdasarkan dari permasalahan yang ditemukan di sekolah adapun tujuannya yaitu meningkatkan minat belajar Ananda pada pembelajaran daring. Dengan pemecahan masalah yaitu pendidik mengikuti diklat pembuatan video pembelajaran yang menarik.
  • Indikator keberhasilan dari pemecahan masalah dapat dihasilkan sebagai berikut :
  • Minat belajar ananda meningkat
  • Ananda antusias menyelesaikan tugas yang diberikan
  • Ananda tepat waktu dalam mengirimkan tugas.
  • Ananda disiplin dalam mengerjakan tugas.

PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH

Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) sangat penting dimiliki untuk memberikan arahan dan bimbingan bagi pendidik dalam rangka menuju perubahan atau tujuan sekolah yang lebih baik (peningkatan pengembangan).

Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) merupakan suatu proses untuk menentukan kemajuan sekolah, melalui pilihan, dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia. Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) adalah dokumen solusi tentang gambaran kegiatan sekolah di masa depan dalam rangka untuk mencapai perubahan tujuan sekolah yang telah ditetapkan. Adapun matrik rencana pengembangan sekolah terdiri dari a) Masalah yang dipilih, b) Pemecahan Masalah, c) Judul Rencana Pengembangan Sekolah (RPS), d) Tujuan, e) Indikator Keberhasilan, f) Program kegiatan, g) Langkah-langkah Kegiatan, h) Sumber Daya, i) Pencapaian Student Wellbeing.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

  • Langkah-langkah kegiatan dalam melaksanakan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) untuk meningkatkan minat belajar ananda pada pembelajaran daring di TK Al-Karomah:

1) Persiapan

  • Dilaksanakan hari Rabu, 2 Desember 2020 - Pukul 11.00 - 14.00 bertempat di TK Al-Karomah. Sebelum pelaksanaan Program Pengembangan Sekolah, kepala sekolah terlebih dahulu: (mengadakan pertemuan dendan pendidik dan staf., membentuk tim pelaksanaan/ panitia persiapan diklat, menentukan anggaran yang diperlukan dalam kegiatan diklat, mencari informasi Diklat  dan narasumber “Pembuatan Video Pembelajaran yang menarik”, memberikan informasi kepada pendidik tetang pelaksanaan diklat dan menunggu waktu pelaksanaan diklat, melengkapi fasilitas pendukung misalnya : Laptop, HP, LCD, speaker aktif, tripod)

undangan-61ab775506310e62b86b4284.png
undangan-61ab775506310e62b86b4284.png
2)    Pelaksanaan

Pelaksanaan dilakukan pada hari Kamis 3 – Jum’at 4 Desember 2020. Pelaksanaan kegiatan RPS dilaksanakan 2 hari, di Gedung Yayasan Pendidikan Al-Karomah (TK Al-Karomah). Dilaksanakan pukul 10.30-12.30 WIB. Diikuti oleh semua pendidik: 1 Kepala Sekolah dan 3 orang pendidik. Narasumber diisi oleh salah satu teman pendidik yang mahir dalam bidang IT.

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan