Mohon tunggu...
Neha Grasia
Neha Grasia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Haiii

Hai salam kenal

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Faktor yang Mempengaruhi Berkembangnya Pendidikan di Indonesia

29 November 2021   11:22 Diperbarui: 29 November 2021   11:42 200 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

A. Pendahuluan

Masalah dalam dunia pendidikan sangat luas dan kompleks. Pertama, karena sasarannya yaitu manusia, yang merupakan makhluk yang mengundang banyak teka-teki. 

Kedua, karena pendidikan juga harusm engantisipasi masa depan yang mengundang banyak pertanyaan padahal pemahaman dan pengetahuan tentang masa depan itu penting karena merupakan sebuah acuan dari segenap perubahan. 

Oleh karena itu, masalah pendidikan yang memiliki sifat pokok yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis yang timbul ketika praktek pendidikan di lapangan. 

Faktor yang akan mempengaruhi perkembangannya, diharapkan para pendidik bisa lebih memahami,memperjelas, dan mencari alternatif untuk pemecahan masalah yang muncul. 

Seperti permasalahan pendidikan yang actual serta upaya penanggulangannya diharapkan para pendidik memahami lebih baik masalah pendidikan yang dihadapi ketika berada di lapangan agar bisa menyelesaikan permasalahannya. Masyarakat perlu diberikan informasi yang bersifat memperjelas dan persuasif tentang makna pendidikan dasar. Pelaksanaan pendidikan dasar ini di lakukan secara bertahap.

B. Faktor yang Memengaruhi Berkembangnya Pendidikan di Indonesia

1. Berkembangnya Nilai Budaya dan seni

a. Berkembangnya nilai budaya.

Pendidikan secara praktis tidak dapat dipisahkan dengan nilai-nilai budaya. Dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan sendiri, secara proses mentransfernya yang paling efektif dengan cara pendidikan. Keduanya sangat erat hubungannya karena saling melengkapi dan mendukung antara satu sama lain. Tujuan pendidikan adalah untuk memelihara dan senantiasa meningkatkan kebudayaan itu sendiri. Pendidikan dapat menggeser budaya itu sendiri menjadi lebih baik dari generasi ke generasi.

b. Berkembangnya nilai seni.

Seni merupakan segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia untuk mewujudkan keindahan. Melalui seni, manusia dapat mengembangkan keinginan untuk menjadi ktreativitas yang ori dan keinginan untuk secara langsung dalam menemukan keindahan. Seni dapat dikembangkan melalui pendidikan seni, pendidikan seni sangat penting di sekolah-sekolah. Pendidikan seni baru dapat terpenuhi jika program studi lainnya sudah terpenuhi.

2. Pertumbuhan Penduduk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan