Mohon tunggu...
Nazwa
Nazwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai, nama saya Nazwa. Saya sedikit bicara karena orang orang tidak akan mendengarkan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

9 Desember 2022   15:38 Diperbarui: 9 Desember 2022   15:43 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tugas Pra Geladi Hominisasi memberikan saya pemahaman tentang lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza yang salah satu syairnya menarik bagi saya karena pada stanza terakhir lagu Indonesia raya, W.R. Supratman menyebutkan bahwa Indonesia adalah tanah yang suci, milik rakyat Indonesia dan bukan hasil merebut tanah milik negara lain. Dalam stanza ini Bapak W.R. Supratman mengingatkan kita untuk menjaga ribuan pulau dan laut Indonesia yang luas. Lalu, beliau mengingatkan kita untuk mencintai Indonesia, bersikap dengan jiwa Indonesia.

Tugas yang kedua memberikan saya pemahaman tentang film documenter Buah Manis Jaga Kekayaan Leluhur Suku Baduy. Nama suku Baduy kembali terangkat ketika pakaian suku Baduy Luar dipakai oleh orang nomor satu di Indonesia. Di film documenter ini mereka menggali cerita-cerita tentang suku Baduy Dalam dan Baduy Luar. Seperti apa kehidupan masyarakat suku Baduy Luard an suku Baduy Dalam dengan derasnya teknologi dan bagaimana mereka tetap bisa bertahan hidup di masa pandemic.

Manfaat mengikuti Geladi Hominisasi saya mendapatkan wawasan yang luas, dapat berdinamika besama rekan-rekan mahasiswa lintas jurusan. Belajar bersama menjadi warga negara yang terampil dalam menggunakan logika dan Bahasa dalam menyampaikan gagasan. Mengapa perlunya kemampuan menggunakan logika dan Bahasa sebagai warga negara? Karena  dapat membantu kita berpikir tepat dan teratur, dengan berpikir demikian dapat memperoleh kebenaran. Dan dalam penggunaan Bahasa dengan segala kaidahnya bisa menjadi penentu, sehingga bisa menjadi penentu kebenarannya. Kemampuan yang dapat saya terapkan dalam perjalanan kuliah yaitu kemampuan logika yang bisa membuat saya dapat menyelesaikan tugas kuliah dengan baik dan dapat berbaur dalam kehidupan serta lingkungan kampus.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun