Mohon tunggu...
Nayla Wulan Sari
Nayla Wulan Sari Mohon Tunggu... Penulis

Nayla Wulan Sari

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pesona Wisata Pantai Greweng Gunung Kidul

29 Juni 2020   10:11 Diperbarui: 1 Juli 2020   06:28 78 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Wisata Pantai Greweng Gunung Kidul
Sumber foto : Naylawulan

Suasana pantai sangatlah indah dan disukai oleh banyak orang.

Bagaimana tidak ?

Dipantai kita bisa meluapkan rasa stres yang sedang dialami dengan bersenang-senang dan menikmati angin pantai yang sangat sejuk ditambah dengan pemandangan hijau nya pohon-pohon. Pantai Greweng contohya, salah satu pantai yang sangat indah berada di Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Greweng ini sangat cocok untuk travellers yang ingin berlibur, camping dan masih banyak lagi. Ketika sudah berada diPantai Greweng travellers atau pengunjung wisata akan disambut dengan sejuk nya angin pantai dan pemandangan pantai yang sangat indah dan masih alami.

Nama Pantai Greweng memanglah cukup asing dibeberapa telinga masyarakat, tetapi tidak untuk wisata adventures yang sudah cukup akrab dengan nama pantai tersebut. Kemudian, untuk harga tiket masuk Pantai Greweng hanya Rp.10.000,-/orang. Tidak sedikit travellers yang berburu tempat-tempat yang masih natural atau alami, apalagi mereka yang menggemari petualangan, tracking dan juga camping. Travellers seperti inilah yang sangat menikmati tempat-tempat yang jarang dikunjungi oleh orang-orang, tempat yang pemandangan nya masih alami walaupun fasilitas yang terbatas.

Sumber foto : Naylawulan
Sumber foto : Naylawulan
Letak Pantai Greweng ini berada di sebelah timur Pantai Wediombo yang sudah dikenal oleh banyak orang. Sehingga jika ingin berkunjung ke Pantai Greweng bisa melewati jalan menuju Pantai Wediombo. Kemudian, sesampai nya di lokasi Pantai Greweng mau tidak mau travellers atau wisatawan harus menyusuri jalan setapak yang tidak bisa dilewati oleh kendaraan. Selama berjalan kaki itulah pemandangan alam disekeliling akan memanjakan mata. Terdapat dua rute yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Rute pertama dari tempat parkir di Pantai Greweng, sedangkan rute kedua dari tempat parkir Pantai Wediombo.

Jika pengunjung ingin menghabiskan satu hari di Pantai Greweng, kendaraan dapat dititipkan ditempat parkir. Tetapi, jika ingin bermalaman atau camping dipantai, pengunjung dapat menitipkan kendaraan nya di Pantai Wediombo. Karena keamanan nya terjamin dan petugas parkir nya pun bersedia untuk menjaga kendaraan pengunjung, tentu nya ada penambahan biaya parkir jika melakukan camping di pantai.

Daya tarik keindahan ketika pengunjung sedang berjalan kaki untuk menuju ke Pantai Greweng adalah pemandangan ladang jagung, kacang tanah dan tumbuhan lainnya yang ditanam oleh petani yang tinggal disekitar pantai tersebut. Setelah itu melewati disambut dengan kawasan hutan. Hutan yang dimaksud ialah hutan yang dipenuhi dengan batu-batuan karst dengan berbagai bentuk dan ukuran. Banyak sekali bentuk batu yang unik dan menarik di kawasan tersebut dan kerap sekali untuk menjadi tempat pengambilan foto pre-wedding. Maka dari itu, jangan sia-sia kan kesempatan untuk mengambil foto di pemandangan seperti ini.

Kemudian, perjalanan dilanjut dengan mendaki salah satu bukit dan diatas ketinggian bukit itulah, pengunjung aka menyaksikan keindahan Pantai Greweng dari atas bukit tersebut. Begitu turun dari bukit, akan disambut dengan tebing-tebing lainnya. Dan sesampainya dipesisir pantai, rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh akan langsung terobati begitu melihat pemandangan pantai dan sejuknya angin pantai.

Fasilitas di Pantai Greweng memanglah masih sangat terbatas dan belum maksimal. Fasilitas yang terdapat dipantai tersebut hanya satu kamar mandi dan beberapa warung yang dikelola oleh masyarakat setempat dengan menyaji menu makanan yang sederhana. Jika ingin menginap hanya ada satu cara saja, yaitu dengan mendirikan tenda di kawasan pantai.

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke Pantai Greweng, ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti :

  • Usahakan bersama rombongan ketika ingin menuju ke Pantai Greweng. Karena rute yang akan dilewati sepi dan cukup jauh dari pemukiman warga.
  • Perhatikan waktu berkunjung, jangan terlalu sore karena cukup berbahaya jika berkunjung suasana sudah gelap/malam.
  • Membawa bekal makanan dan minuman, karena di Pantai Greweng hanya ada beberapa warung yang menyediakan menu sederhana. Tidak seperti pantai lainnya yang terdapat banyak warung dengan berbagai macam menu.
  • Jika ingin melakukan camping, bawalah peralatan camping selengkap - lengkap nya.
  • Pastikan fisik benar-benar sehat, karena perjalanan menuju Pantai Greweng sangat jauh.

VIDEO PILIHAN