Mohon tunggu...
Naxtor
Naxtor Mohon Tunggu... -

http://www.naxtortech.net/ Seorang pelajar SMK Jurusan RPL yang sedang bergelud di dunia SEO

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Smartphone Versi Lama "Useless" di Zaman Sekarang?

24 September 2017   10:43 Diperbarui: 24 September 2017   23:14 3002
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar ilustrasi - Source techrepublic.com

Penggunaan smartphone pada zaman sekarang sudah tak terkendalikan, Anda bisa mengetahui fakta bahwa anak kecil saja yang masih Playgroup dan SD sudah memiliki smartphone yang canggih dengan spesifikasi yang menurut saya cukup gahar. Bagaimana dengan Anda? kita? yang masih menggunakan smartphone model lama dan tentu hardware yang digunakan punya keterbatasan.

Smartphone terus saja berkembang membuat saya ngiler akan smartphone keren yang terus bermunculan, contoh saja Smartphone xiaomi MI A1 dengan MOTO G5S plus yang sekarang jadi buah bibir di internet, kedua smartphone tersebut saya rasa sudah melebihi dari kebutuhan saya dalam penggunaan smartphone.

Dan faktanya smartphone yang saya gunakan masih smartphone versi lama atau bahasa kesehariannya jadul, walaupun dari segi Chipset, Storage, dan RAM masih dalam standar (menurut saya). Tetapi fitur dari smartphone akan terus berkembang dan bertambah.

Akankah smartphone saya masih bisa digunakan?

Untuk jawaban yang akan saya berikan, saya tidak memberikan jawaban yang saya buat buat atau saya karang sendiri. Ini berdasarkan penggunaan saya pada smartphone jadul yaitu ASUS zenfone 5 dan xiaomi redmi note 1 4G (single sim) yang telah saya gunakan sebelumnya. 

Faktanya adalah smartphone bisaterus digunakan ! sejadul apapun smartphone kalian, smartphone kalian masih bisa digunakan pada zaman sekarang, akan tetapi smartphone kalian memiliki keterbatasan untuk menggunakan fitur fitur yang telah berkembang dan bertambah pada zaman sekarang.

Perlu Anda ingat...

Smartphone bukanlah sesuatu yang abadiatau tidak bisa rusak, ada kalanya penggunaan smartphone bisa merusak bagian terpenting di dalam smartphone. Hal ini mengakibatkan smartphone kalian bekerja lama untuk melakukan proses, menampilkan input, maupun output.

Sehingga ada beberapa Hardwareatau perangkat keras smartphone yang perlu Anda jaga kondisinya.

Hardware yang paling penting dalam smartphone

Sekarang ini saya sudah mengambil sebuah kesimpulan dan telah mengetahui penyebab penurunannya performa pada smartphone sehingga kita mengasumsikan bahwa smartphone kita sudah tak layak pakai. Padahal jika Anda bsia merawat smartphone Anda dengan benar, Anda bisa mencegah hal itu terjadi.

Lalu, perangkat mana yang sangat penting dalam smartphone sehingga mempengaruhi performa smartphone?

jawabannya adalah EMMC(Embedded multi-media Contoller)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun