Dalam berbisnis kuliner kita perlu melakukan program marketing jika kita ingin bisnis kita bertahan dan melebarkan sayapnya. Tujuan program marketing adalah mendapatkan data konsumen, dalam jangka waktu yang cukup, kita perlu mengubah mode dari take the money from the customer, menjadi mate your customer.Â
Kita perlu mengenal dan akrab dengan konsumen, lewat program yang interaktif, loyaldan kreatif yang melibatkan konsumen untuk menyebarluaskan mengenai bisnis kita.
Untuk itu kita perlu mengenal konsumen kita salah satunya bisa menggunakan konsep FlyWheel Marketing cetusan founder Hubspot, Bryan Holligan.
- Attract
Attract, atau dalam Bahasa Indonesianya adalah menarik. Hal pertama yang perlu dicari ialah "Target Konsumen Ideal" yang tertarik dengan produk kita.Â
Dalam mencari hal tersebut kita harus mau melakukan promosi, tetapi promosi di sini tidak perlu yang iklan besar-besaran. Promosi yang dilakukan harus sudah jelas target konsumen idealnya. Langkah selanjutnya, adalah memberikan penawaran yang juga sesuai dengan target konsumen ideal kita. Jadi stop pakai jurus 'mabuk'.
- Engage
Bagian kedua adalah engage atau merawat target konsumen ideal yang telah menjadi pelanggan langkah ini bertujuan agar pelanggan terus melakukan repeat order, sehingga fokus kita adalah membuat pelanggan puas dengan produk makanan dan servis kita.Â
Di langkah ini, juga perlu untuk memberikan konten-konten digital agar pelanggan selalu tertarik dengan produk kita. Konten digital ini juga harus yang memberikan value kepada pelanggan maupun brand kita sendiri.
- Delight
Bagian ketiganya adalah delight atau mengejutkan. Mengejutkan di sini bukan kaget karena balon pecah yaa. Mengejutkan target konsumen ideal dengan penawaran-penawaran yang menguntungkan atau dengan bonus servis dan sebagainya merupakan hal yang paling disukai pelanggan.Â
Hal-hal berkesan itu akan membuat target konsumen ideal kita bercerita kepada keluarga dan temannya sehingga merekomendasikan tempat kita.
Ryan, Nicholas. 2020. Lapeur Preneur Marketing Kekinian Bisnis Kuliner. Malang: Selaksa Media (Kelompok Intrans Publishing)
Â