Mohon tunggu...
Nathasya Marpaung
Nathasya Marpaung Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Tradisi Idul Fitri Kembali Bersinar: Intip Keseruan Tradisi Idul Fitri di Medan Pada Masa Pandemi Covid-19

14 Mei 2022   20:11 Diperbarui: 14 Mei 2022   20:40 265 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tradisi Idul Fitri kembali dilaksanakan oleh warga Medan setelah 2 tahun vakum karena pandemi Covid-19. Meskipun masa pandemi belum berakhir, tradisi Idul Fitri yang biasa dilaksanakan dengan berkunjung ke rumah sanak saudara kembali terlihat. Setelah pada lebaran tahun sebelumnya pemerintah melarang masyarakat untuk mudik karena pandemi Covid-19, lebaran tahun 2022 ini dirasa hangat karena warga dapat berkumpul dengan keluarga untuk bersilaturahmi melaksanakan hari raya Idul Fitri.

Pernyataan pemerintah yang mengizinkan perjalanan mudik pada lebaran Idul Fitri 2022 sangat mengundang antusiasme masyarakat Indonesia. "Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan," kata Presiden dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Rabu (23/3). "Tahun ini, umat muslim dapat kembali menjalankan ibadah salat tarawih berjemaah di masjid, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," imbuhnya.


"Alhamdulillah lebaran tahun ini, bisa kumpul lagi bersama keluarga. Setelah 2 tahun lebaran di rumah masing-masing, akhirnya bisa bersilaturahmi kembali dengan keluarga besar," kata Ida, warga Kelurahan Pangkalan Masyhur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (4/5).

Ia menambahkan saat berkumpul bersama keluarganya, tradisi bermaaf-maafan kembali dirasakan dan sungguh melegakan hati. "Ya, tahun ini lebih meriah dan ramai lebarannya. Tadi itu, sungkeman juga anak-anak. Kita yang tua-tua ini juga saling maaf-maafan. Tradisi lebaran sudah hampir sepenuhnya kembali," pungkas Ida.

Hari raya Idul Fitri atau lebaran pasti sangat identik dengan makan bersama. Berbagai hidangan pembuka, penutup, hingga pencuci mulut terhidang dan siap untuk disantap. "Ini lagi kumpul rame-rame sama keluarga besar. Alhamdulillah dengan kumpul, makanannya terasa jauh lebih nikmat," ujar Fitri, warga Kelurahan Pangkalan Masyhur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (4/5).

dokpri
dokpri
Tak hanya sekedar bersilaturahmi dan bermaaf-maafan, kerap terlihat juga segerombolan anak dengan antusias berjalan keliling kampung dengan membawa obor, Rabu, 4 Mei 2022 malam, di Desa Pangkalan Masyhur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara. Mereka turut merayakan Idul Fitri dengan melakukan tradisi Pawai Obor yang memang sudah menjadi tradisi tahunan malam, sembari melantunkan gema takbir.

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan