Mohon tunggu...
Maranatha Mawuntu
Maranatha Mawuntu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi TIK Pertama

15 September 2023   16:41 Diperbarui: 15 September 2023   17:00 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Haloo guyss, perkenalkan nama saya maranatha mawuntu mahasiswa semester 7 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Disini saya ingin membagikan pengalaman pertama saya saat belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kampus pada hari Selasa 12 September 2023.

Materi yang saya dapatkan pada waktu itu adalah mengenai Microsoft Word dan Microsoft Excel.

MICROSOFT WORD

Microsoft word terdapat banyak fitur-fitur yang memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing misalnya memudahkan kita dalam pengetikan,memberi perintah, menghapus, menyimpan dan lain-lain. Untuk itu shortcut sangat penting di ketahui banyak orang khususnya para pengguna komputer dan laptop dalam mengerjakan sesuatu.

Berikut fungsi & kegunaan CTRL A sampai Z:

Nah jadi yang pertama itu ada Ctrl + (A) berfungsi untuk memblok semua tulisan pada lembar kerja. Selanjutnya Ctrl + (B) berfungsi Memberikan efek tebal pada tulisan atau angka. Selanjutnya Ctrl + (C) berfungsi Sebagai cara untuk menyalin atau meng-copy tulisan. Selanjutnya Ctrl + (D) berfungsi memilih font pada Ms. Word. Selanjutnya Ctrl + (E) Berfungsi Membuat rata tengah tulisan (center alignment). Selanjutnya Ctrl + (F) berfungsi Untuk mencari karakter (find character). Selanjutnya Ctrl + (G) berfungsi berpindah halaman. Selanjutnya Ctrl + (H) berfungsi untuk menggantikan teks dengan teks lain atau menganti dengan format lain. Selanjutnya Ctrl + (I) berfungsi memberikan efek miring pada tulisan baik huruf maupun angka (italicize). Selanjutnya Ctrl + (J) berfungsi Membuat tulisan dengan rata kanan kiri (justify alignment). Selanjutnya Ctrl + (K) berfungsi Menyisipkan link. Selanjutnya Ctrl + (L) berfungsi membuat tulisan menjadi rata kiri (left alignment). Selanjutnya Ctrl + (M) berfungsi memberikan identasi paragraf dari kiri. Selanjutnya Ctrl + (N) berfungsi membuka jendela baru atau file baru. Selanjutnya Ctrl + (O) berfungsi membuka file baru. Selanjutnya Ctrl + (P) berfungsi mencetak dokumen untuk di print. Selanjutnya Ctrl + (Q) berfungsi mengubah gaya tulisan atau paragraf menjadi normal. Selanjutnya Ctrl + (R) berfungsi Membuat rata kanan tulisan (right alignment). Selanjutnya Ctrl + (S) berfungsi menyimpan file (save atau save as). Selanjutnya Ctrl + (T) berfungsi membuat Hanging Indent. Selanjutnya Ctrl + (U) berfungsi membuat garis bawah pada tulisan. Selanjutnya Ctrl + (V) berfungsi menampilkan tulisan yang sudah disalin atau dicopy (paste). Selanjutnya Ctrl + (W) berfungsi menutup menu word. Selanjutnya Ctrl + (X) berfungsi memotong tulisan yang sudah diblok. Selanjutnya Ctrl + (Y) berfungsi mengembalikan sesudahnya (redo). Dan yang terakhir Ctrl + (Z) berfungsi mengembalikan sebelumnya (undo).

MICROSOFT EXCEL

Dalam Microsoft Excel terdapat fitur Marge and center yang berfungsi untuk menggabungkan cell atau kolom dalam lembar kerja.

Caranya blok beberapa cell yang akan digabungkan kemudian klik merge & center,maka cell atau kolom yang dipilih akan tergabung secara otomatis.

Dalam pembelajaran kali ini kita juga membahas rumus untuk menghitung penjumlahan,nilai minimum,nilai maximum dan nilai rata-rata dalam excel sebagai berikut:

1. Rumus untuk menghitung jumlah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun