Teknologi

Apakah Salah Teknologi?

11 Oktober 2018   18:37 Diperbarui: 11 Oktober 2018   18:55 150 0 0


Seiring berjalannya waktu, terjadi banyak perubahan dalam kehidupan kita entah kita sadar akan perubahan itu atau tidak. Teknologi sendiri adalah suatu pengetahuan yang ditujukan untuk menciptakan alat, tindakan pengolahan dalam kehidupan kita sehari-hari tindak pengolahan dalam bentuk apa? dan lain lain. Teknologi umumnya digunakan untuk membantu kehidupan sehari-hari manusia. 

Dengan adanya teknologi, kita juga bisa memperluas kemampuan kita karena teknologi yang kita punya sekarang setiap harinya bertambah maju. Teknologi juga merupakan aplikasi dari sains yang digunakan untuk memecahkan masalah tetapi harus diingat kalau teknologi dan sains adalah dua topik yang berbeda. Jenis-jenis teknologi yang sering digunakan oleh generasi sekarang ini adalah teknologi Komunikasi, teknologi informasi, teknologi medis, dan teknologi konstruksi.

Teknologi telah berkembang menjadi besar dan membuat sebagian pekerjaan manusia dapat digantikan oleh teknologi, yang kecenderungan kami lihat bisa membuat manusia menjadi kurang banyak aktifitas pada dirinya sendiri. Teknologi telah berkembang menjadi sangat besar sampai manusia bisa hanya menekan satu tombol untuk menyelesaikan pekerjaannya. 

Teknologi juga sebagai media penghibur manusia, dengan adanya sosial media seperti Instagram, Twitter dan lainnya manusia dapat menghabiskan waktunya dengan hanya membuka sosial media tersebut. Media hiburan lainnya seperti Youtube juga dapat menghibur manusia dengan cara yang sangat gampang. Sehingga jika dilihat sekarang, TV semakin lama semakin jarang digunakan. 

Menurut kami, kebanyakan masyarakat sekarang lebih memilih menonton TV di hp karena lebih praktis. Masyarakat dapat mengakses saluran TV dengan telepon pintarnya yang dapat dibawa kemanapun. Manusia juga dapat memutar tontonan yang diingini tanpa harus menunggunya untuk ditayangkan. Dapat dikatakan bahwa berkembangnya teknologi telah membuat negara Indonesia semakin lama semakin modern.

Teknologi membuat orang memikirkan jalan pintas dalam melakukan tindakan. Teknologi memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai hal namun teknologi juga membantu manusia dalam melakukan tindakan kriminal karena tindakan tersebut dapat mencakup masyarakat lebih luas. Pelaku dapat secara bebas memilih sasarannya, berapapun itu. Pelaku juga dapat menjebak pengguna internet yang ingin menelusuri data di internet, seperti dengan virus. Selain itu, pelaku tindakan kriminal tersebut juga tidak dapat terdeteksi secara langsung. Biasanya pelaku tersebut menggunakan akun yang sulit untuk dilacak atau akun palsu.

Salah satu tindakan yang sangat dikhawatirkan oleh pengguna internet adalah hack. Hackers, istilah pelaku tindakan kriminal ini, adalah pelaku kriminal dengan cara mengambil alih akun, website, dokumen dan sebagainya yang merupakan milik orang lain. Biasanya hal ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang diingini. Selain itu, tindakan ini juga dapat menjadi cara untuk memata-matai pihak lain. Cyberbullying juga merupakan salah satu kejahatan yang dapat dilakukan dengan internet. Hal ini dilakukan dengan cara menjelek-jelekkan orang lain dengan cara mengejeknya. Hal ini dapat berakibat buruk karena dapat mengganggu mental sasarannya.

Bentuk lain dari tindakan kriminal teknologi adalah penipuan dalam belanja online.  Di era modern, belanja online sangat ngetren. Banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan transaksi secara online. Namun, hal ini membuka pintu tindakan kriminal. Banyak pelaku tindakan kejahatan yang melakukan penipuan lewat belanja online. Salah satu cara adalah dengan tidak memberikan barang yang telah dibeli oleh penjualnya. Tindakan kriminal ini sangat merugikan karena transaksi uang telah dilakukan. Hal lain adalah dengan memberikan barang yang tidak sesuai dengan yang ditawarkan.

Meskipun teknologi melayani manusia, apakah teknologi akan menggantikan manusia? Berapa lama lagi mesin akan menggantikan manusia dalam bekerja? Teknologi digunakan untuk melakukan banyak hal. Teknologi sangat bermanfaat untuk membantu manusia dalam kehidupannya. Teknologi adalah salah satu benda yang dapat mempermudah manusia serta mengefisien kinerja manusia. Oleh sebab itu, teknologi banyak digunakan dalam lembaga yang besar. Salah satunya adalah di pabrik, dimana produksi dapat dilakukan dengan lebih cepat. Selain itu, teknologi juga dapat membantu manusia dalam menghitung data lebih akurat dan cepat.

Namun, teknologi juga dapat berdampak buruk bagi manusia dan juga perekonomian. Teknologi dapat menyebabkan banyaknya pengangguran di suatu negara, khususnya di Indonesia yang memiliki angka pengangguran terbuka yang tinggi. Teknologi semakin lama terlihat menggantikan tenaga kerja manusia karena banyak perusahaan lebih memilih untuk menggunakan mesin yang lebih murah biayanya dan juga lebih cepat kinerjanya.

Sebenarnya, tidak ada larangan bagi yang ingin menggunakan teknologi tetapi jika menggunakan teknologi secara berlebihan dan dengan maksud yang salah maka itu buruk bagi kehidupan kita. Alangkah baiknya jika kita bisa membatasi diri dengan tahu mana yang salah dan mana yang benar. Jangan bergantung terhadap teknologi secara berlebihan karena kita juga yang akan kena dampaknya. Selain itu, masyarakat juga harus waspada terhadap apapun yang berhubungan dengan sekitarnya termasuk teknologi sebab kebanyakan penipuan yang dilakukan berpusat di teknologi sehingga masyarakat wajib konfirmasi terlebih dahulu sebelum bertindak.