Mohon tunggu...
Nata Lius Nata
Nata Lius Nata Mohon Tunggu... Guru - Guru Diperbatasan Malaysia Provinsi Kalimantan Barat Kabupaten Sintang

Guru Diperbatasan Malaysia Provinsi Kalimantan Barat Kabupaten Sintang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tantangan dan Perjuangan Guru di Daerah Terpencil dan Perbatasan

5 Oktober 2022   01:27 Diperbarui: 6 Oktober 2022   00:39 321 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan

Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang bisa menjangkau keperluan dan kebutuhan masyarakat diperlukan seorang guru yang berkompeten dan mampu menyiapkan kompetensinya. 

Namun tidak semua guru mampu menjalankan tugasnya dengan baik karena kondisi dan lingkungan yang tidak mendukung. 

gambaran sekolah perbatasan. Dokpri
gambaran sekolah perbatasan. Dokpri

Hal senada juga saya alami ketika menjadi seorang guru yang bertugas didaerah terpencil yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia. 

Saya adalah seorang guru Sekolah Menengah Atas tepatnya di SMA Negeri 2 Ketungau Tengah Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat. Untuk mencapai lokasi kerja dari kabupaten Kota menuju sekolahan memerlukan waktu kurang lebih 8 jam dengan mengendarai sepeda motor. 

Dengan jarak tempuh yang begitu jauh dan lama saya harus menetap dan tinggal dilokasi kerja dengan tinggal disebuah kos sederhana dengan biaya yang mahal. 

kos yang menjadi tempat tinggal. Dokpri
kos yang menjadi tempat tinggal. Dokpri

Perjalanan dari Kabupaten Kota menuju lokasi kerja harus melewati medan jalan yang rusak dan berlumpur dan sering banjir, sehingga sering kali motor harus dipikul oleh masyarakat dengan biaya tinggi yaitu Rp. 50.000. 

Kemudian sebelum mencapai lokasi kerja juga belum terdapat jembatan sehingga untuk menyeberangi saya harus mengeluarkan lagi biaya Rp. 60.000 untuk biaya angkutan air. (menyeberangi sungai dengan angkutan air)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan