Mohon tunggu...
Natalis Ransi
Natalis Ransi Mohon Tunggu... begini saja

Iman, pengharapan dan kasih...

Selanjutnya

Tutup

Digital

DTS Tahun 2021: Data Scientist

13 April 2021   13:24 Diperbarui: 13 April 2021   13:32 67 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
DTS Tahun 2021: Data Scientist
Sertifikat Kompetensi dari dqLab

Tahun ini saya berkesempatan mengikuti Pelatihan Program Professional Academy Digital Talent Scholarship  (DTS) Tahun 2021 untuk topik Data Scientist.  

DTS ini diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) yang menggandeng mitra DQLab. Pelatihan ini berdurasi selama 30 hari. Dimana metode palatihan semua dilaksanakan secara daring. Komunikasi langsung dengan pemateri dilaksanakan melalui sesi LIVE sedangkan untuk mendalami materi pelatihan menggunakan platform Learning Managemen System (LMS) dari dqlab[dot]id. 

Setelah berjalan beberapa hari, sempat terjadi kendala teknis, yakni LMS tidak dapat diakses, namun dengan sigap panitia menyelesaikan masalah tersebut, sehingga kami peserta dapat melanjutkan kembali pelatihan. 

Topik Data Scientist ini memiliki 6 sub topik pembelajaran. Masing-masing topik akan ada materi singkat dan praktek yang secara langsung dapat dilakukan melalui LMS dqlab. Jika berhasil menyelesaikan materi dan tugas praktek, maka akan diberikan sertifikat elektronik oleh penyelenggara. Sejauh ini saya sudah menyelesaikan 6 sub topik. 

Salah satu sun topik yang menarik adalah tengtang Project Machine Learning for Retail with R: Product Packaging. Pada sub topik ini, kami diberikan kasus untuk mempelajari data, mengekstrak beberapa pengetahuan dari data tersebut. Misalnya pengetahuan dari data penjualan sebuah toko. Beberapa metode untuk mengekstrak pengetahuan diperkenalkan. Salah satunya metode Asosiasi. Metode ini mampu menunjukkan produk-produk apa saja yang secara bersamaan dibeli oleh pelanggan. Dengan demikian, pihak manajemen dari toko dapat menyusun strategi penjualan atau promosi dengan lebih tepat. Dengan demikian strategi yang diambil pihak manajemen dapat lebih terukur lagi.  

Adanya ruang diskusi sesama peserta di salah satau platform media sosial sangat membantu para peserta untuk saling memberi semangat dan berbagi tips. Kehadiran pendamping dari panitia juga turut sangat membantu peserta. Tentu saja fleksibilitas belajar yang ditawarkan para pelatihan ini juga turut andil dalam kami menyelesaikan setiap sub topik yang diberikan.

Masih ada waktu beberapa hari lagi untuk menyelesaikan seluruh sub topik yang diberikan. Tetap semangat....

VIDEO PILIHAN