KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK
Pada tulisan ini saya akan merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan fokus pertanyaan berikut:
Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?
Dalam modul 1.3 kita belajar tentang visi dan visi guru penggerak
Visi berdasarkan KBBI adalah :
1) kemampuan untuk melihat pada inti persoalan
2) pandangan atau wawasan ke depan
3) kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan
4) apa yang tampak dalam khayalan
5) penglihatan atau pengamatan.
Menurut Arry Akhmad Arman, visi adalah pernyataan yang mendefinsikan sesuatu yang ingin dicapai perusahaan/organisasi di waktu yang akan datang. Visi lebih terkonsentrasi ke masa depan (jangka panjang, future) dan cenderung merupakan pernyataan yang sifatnya strategis. Sedangkan untuk visi guru penggerak yaitu suatu cita-cita atau impian yang ingin diwujudkan oleh seorang guru penggerak terkait sosok murid atau sekolah impian dimasa mendatang.