Mohon tunggu...
Narendra Ardhana
Narendra Ardhana Mohon Tunggu... Akuntan - ODHA

(bukan nama sebenarnya) tidak ada yang berbeda dengan saya, saya hanya seorang pengidap HIV (ODHA) yang terdiagnosa sejak awal 2014 ketika berusia 26 tahun dan menjalani terapi ARV hingga saat ini. Masih aktif bekerja full time sebagai back office, sedang belajar berwirausaha dan tidak di bawah naungan suatu lembaga atau yayasan sosial ODHA. Bagi yang ingin sekedar berbagi cerita, saran dan kritik bisa melalui email narendra.ardhana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Memang Kenapa Kalau Saya Mengidap HIV?

22 Oktober 2018   20:26 Diperbarui: 22 Oktober 2018   20:37 513
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sudah hampir dihapuskan dari ingatanku betapa pedihnya saat awal itu, menerima kenyataan sebagai seorang yang hidup dengan hiv. Hampir 5 (lima) tahun berlalu dan saya tetap memilih untuk setia dengan pengobatan ARV secara konsisten. Kini tidak ada yang berbeda dengan saya, masih sehat, masih produktif dan bahkan mungkin tidak ada orang yang curiga dengan status kesehatan saya. Melalui pasang surut kehidupan, ARV ini sudah menjadi teman setia saya selama lebih dari 4 (empat) tahun dan tidak ada masalah apapun dengan tubuh saya.

Saya masih aktif bekerja setidaknya 8 jam sehari, 40 jam dalam satu minggu di sebuah perusahaan swasta dengan status kepegawaian sebagai karyawan tetap. Walau bukan perusahaan yang mampu memfasilitasi saya dengan harta dunia yang melimpah yang suatu saat akan saya tinggalkan tetapi setidaknya saya telah berhasil memiliki gubug kecil sendiri dari hasil jerih payah saya.

Memang kenapa kalau saya seorang pengidap hiv? Saya tidak mau menyerah kalah dalam pertempuran hidup ini. Sampai suatu saat Tuhan berkata telah selesai perjuangan saya, maka saya akan tetap menjalani hidup sebaik mungkin.

*****

Dokter : "Masih rutin terapi ARV?"

Saya : "Masih, dokter."

Dokter : "Sudah berkeluarga?"

Saya : "Belum dokter, sepertinya tidak."

Dokter : "Ngga papa, yang penting bahagia ya."

Saya : "Amin dokter, terimakasih."

*****

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun