Mohon tunggu...
Narasrey Merinda
Narasrey Merinda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pengaruh Selebritas Internet dalam Meningkatkan Pangsa Pasar

14 Mei 2022   19:10 Diperbarui: 14 Mei 2022   19:15 254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media baru atau new media merupakan perkembangan teknologi digital di mana seseorang dapat melakukan interaksi tanpa perlu bertatap muka langsung melalui dunia maya dengan internet. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini, khususnya internet telah menciptakan banyak perkembangan pada sistem komunikasi dan memengaruhi aspek kehidupan manusia.

Kehadiran internet membuat seseorang akan lebih mudah untuk melakukan pengembangan diri secara individu dalam bentuk self-presentation. Setiap orang bebas mengunggah video, foto, tulisan, atau karya-karya mereka di media sosial untuk memperoleh validasi dari oranglain. 

Media sosial membuat seseorang berinteraksi menggunakan fitur-fitur yang tersedia, seperti fitur like, dislike, comment, subscribe, repost, dan follow. Fitur-fitur tersebut pada akhirnya digunakan oleh seseorang untuk berlomba-lomba memperoleh popularitas hingga mereka dapat menjadi seorang selebritas internet.

Selebritas internet atau influencer merupakan seseorang yang terkenal di dunia maya. Mereka dikenal karena memiliki bakat, konten-konten yang unik, atau karena paras mereka yang menarik. Menjadi seorang selebritas internet kerap diimpikan oleh banyak pengguna media sosial untuk dikenal oleh banyak orang. 

Selain itu, menjadi seorang influencer biasanya akan mendapat banyak tawaran kerja sama, khususnya dalam bidang marketing yang biasa dikenal sebagai endorsement. Hal tersebut tentu akan sangat menggiurkan karena dapat memperoleh penghasilan.

Internet juga digunakan seseorang untuk menjadi lapak usaha untuk menawarkan sebuah produk atau jasa. Dalam hal tersebut, tentu perlu bagi setiap perusahaan untuk memasarkan produk atau jasa mereka agar lebih diketahui oleh khalayak luas. Untuk itu, peran influencer tentu dapat dijadikan opsi untuk meningkatkan penjualan.

Tasya Farasya merupakan salah satu contoh influencer yang bergelut pada bidang kecantikan. Tasya Farasya biasa membagikan seputar review make up dan skincare di akun media sosial miliknya. Setiap kali Tasya Farasya menerima endorsement, biasanya produk tersebut akan mengalami jumlah pembelian yang melonjak drastis. 

Bahkan tak jarang hal itu membuat harga produk menjadi naik karena banyak yang membeli. Hal ini disebabkan karena Tasya Farasya dianggap sebagai influencer yang selalu memberikan review jujur mengenai suatu produk. Maka dari itu, tentu akan menjadi sebuah kepuasan bagi perusahaan yang melakukan endorsement pada Tasya Farasya, karena memperoleh feedback yang diharapkan.

Setiap influencer tentu memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda dalam melakukan endorsement. Terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat akan menggunakan influencer untuk melakukan endorsement, yaitu:

1. Analisis produk.

Analisis produk ini harus dilakukan sebelum memilih influencer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun